Pertahankan Disertasi, Anggota Majelis Tabligh PWM Jatim Raih Gelar Doktor
Hairul Warizin bersama keluarga dan kolega usai sidang terbuka Doktor Ilmu Manajemen STIESIA. foto: munahar/majelistabligh.id

Hairul Warizin, anggota Majelis Tabligh PWM Jawa Timur, berhasil mempertahankan
disertasi pada sidang terbuka Doktor Ilmu Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya 2024, Senin (10/6/2024).

Ujian Promosi Doktor ini diketuai Prof. Dr. Budiyanto, M.S dengan lima anggota, yakni
Dr. Suwitho, Dr. Sinto Sunaryo (FEB Universitas Sebelas Maret), Prof. Dr. Fidiana, Dr. Ikhsan Budi Riharjo, dan Dr. Suhermin.

Adapun judul disertasi yang diujikan yaitu, “Spiritualitas Ihsani Sebagai Motivator Peningkatan Kualitas Sumber Daya Insani Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur”.

Dalam pemaparan disertasinya, Hairul Warizin memberi penjelasan jika manusia memiliki dimensi jasmaniah dan rohaniah atau spiritual.

Pertahankan Disertasi, Anggota Majelis Tabligh PWM Jatim Raih Gelar Doktor
foto: munahar/majelistabligh.id

“Keduanya mempunya kebutuhan yang berbeda. Namun, jika salah satu dimensi mendapatkan stimulus yang tepat akan menjadikan diri manusia termotivasi untuk mengerjakan sesuatu lebih baik,” terang dia.

Menurut dia, faktor spiritualitas ihsani yang dapat memberikan motivasi atau dorongan manusia untuk menjalankan sesuatu lebih baik dan totalitas dalam mengerjakan di antaranya, memulai dengan niat yang baik, mengharap rida Allah SWT, Ikhlas beramal, menghadirkan Allah dalam aktivitas, bertakwa kepada Allah SWT, Tawakkal, dan berorientasi pada akhirat.

“Spiritualitas Ihsani dapat memotivasi peningkatan sumber daya insani. Jika seseorang termotivasi oleh spiritualitas ihsani akan terjadi peningkatan setidaknya pada tigal hal, yaitu peningkatan pengetahuan, penguatan ideologi, dan pengembangan sikap,” papar Hairul.

Pertahankan Disertasi, Anggota Majelis Tabligh PWM Jatim Raih Gelar Doktor
foto: afifun nidlom/majelistabligh.id

Dia menambahkan, ada empat faktor yang dapat dirumuskan sebagai preposisi teori motivasi menurut perspektif Islam, yaitu spiritualitas ihsani terdiri biat baik, berorientasi pada akhirat, bertakwa kepada Allah, dan Ikhlas beramal.

Sementara itu para undangan yang hadir di antaranya, Dr Sholihin Fanani (Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur), Dr. KH. Fathur Rohman (Direktur Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI), Syekh Dr. Ahmad Abdul Adzim (Mantan Kepala Pusat Ma’had Al Azhar Kairo Mesir), Abdul Basith, Lc., M.Pd.I (Ketua Majelis Tabligh PWM Jawa Timur), dan Kemes Moh. Adil Mastjik, M.Pd (Ketua Bidang Pendidikan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Jawa Timur). (munahar)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini