Umsida Tuan Rumah Festival Anak Sholeh Muhammadiyah 2024
Personalia Majelis Tabligh PWM Jatim usai audiensi bersama Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh. foto: munahar/majelistabligh.id
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dipastikan menjadi tuan rumah Festival Anak Sholeh Muhammadiyah (FASHMU) Jatim 2024. Kegiatan yang dihelat Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim itu, akan diselenggarakan pada 28 September 2024.

Kepastian tersebut setelah personalia Majelis Tablig bertemu Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh di ruang kerjanya, Kamis siang (25/7/2024). Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat dengan PWM Jatim, pekan lalu.

Dari Majelis Tabligh hadir Dr. Slamet Muliono (wakil ketua), Dr. Sholihul Huda (wakil ketua), Munahar, MPd.I (sekretaris), Hasanuddin, M.Ag (Ketua Divisi Pembinaan dan Pengembangan TPQ), Moh. Nawawi, M.Si (Ketua Divisi Networking & Kerjasama), Dr. Hairul Warizin (anggota), dan Chulil Barory, MM (anggota).

Hadir pula Kepala SMA Muhammadiyah 2  (SMAMDA) Sidoarjo M. Zainul Arifin, MM dan beberapa stafnya.

Dalam kesempatan itu, Hidayatulloh menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan FASHMU 2024 mendatang.

Umsida juga sengaja melibatkan SMAMDA Sidoarjo karena yang dilakukan di Muhammadiyah harus memberikan nilai tambah.

“Selanjutnya, panitia lokal akan berkoordinasi, yakni antara rektor Umsida dan SMAMDA Sidoarjo,” ujar Hidayatulloh.

Umsida Tuan Rumah Festival Anak Sholeh Muhammadiyah 2024
Audiensi Majelis Tabligh PWM Jatim di ruang retor Umsida. foto: munahar/majelistabligh.id

Wakil Ketua PWM Jatim itu juga menjelaskan soal pembiayaan. Di mana, Umsida akan membebaskan biaya pemakaian aula. Berikut kebutuhan dana untuk dokumentasi sepenuhnya ditanggung Umsida

“Supaya tidak sepenuhnya ditanggung oleh PWM Jatim,” cetus dia.

Semantata itu, Hasanuddin selaku ketua panitia pelaksana, menjelaskan bahwa FASHMU digelar sebagai wahana kompetisi santri TPQMU di masjid dan musala Muhammadiyah dari 38 kabupaten/kota se-Jatim.

“Ini event yang baru kali pertama digelar Majelis Tabligh dan akan dilaksanakan secara periodik,” katanya.

Kata dia, FASHMU merupakan ajang untuk menumbuhkembangkan budaya dan motivasi belajar serta memberikan sarana aktualisasi diri dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam.

Hasanuddin menambahkan, pendaftaran kegiatan ini akan dilaksanakan pada Agustus 2024. Jeni lomba di FASMU di antaranya, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Qiroatil Kutub (QK), dan Kaligrafi.

“Praktis, waktunya tinggal sebulan. Kami akan melakukan mobilisasi agar masing-masing PDM segera melakukan pendaftaran,” pungkas dia. (munahar)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini