Menko PMK Dorong Wujudkan Transformasi Kesehatan Secara Menyeluruh
Menko PMK Muhadjir Effendy.
UM Surabaya

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan Gedung Medik Tahap 3 Rumah Sakit Siti Khodijah Cabang Sepanjang dan Rumah Sakit Ahmad Dachlan Kota Kediri pada Sabtu (10/8/2024).

Menko Muhadjir menyebut pemanfaatan produk lokal di bidang kesehatan terus digencarkan karena produk yang dihasilkan tidak kalah bagus dengan produk-produk yang ada pada saat ini.

“Marilah kita bertahap mulai menggunakan produk asli karya anak bangsa, salah satunya yakni infus Suryavena. Kualitasnya juga dapat bersaing dengan produk di pasaran,” ungkapnya.

Ia juga memberi dukungan kepada Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan transformasi kesehatan agar dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Saya berpesan kepada Pak Dirjen Yankes Kemenkes agar ada suatu terobosan pendidikan dokter untuk daerah tertinggal seperti pada kasus tidak terdapatnya dokter di puskesmas Agandugume, Papua Tengah yang saya kunjungi belum lama ini,” Jelasnya.

Dalan kesempatan yang sama, Ketua Umum Haedar menyampaikan bahwa Organisasi Muhammadiyah akan selalu membangun untuk kepentingan umat dan bangsa. Di seluruh lini kehidupan baik itu pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, maupun kesehatan.

“Kita satu periode ini membangun bidang ekonomi dan bisnis, bangun hotel, perumahan, rumah sakit. Semua itu tidak lain, kita ingin menunjukan agama harus hadir membangun dunia yang baik, yang bersih, yang tidak membawa mudharat,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir pula Plt. Bupati Sidoarjo H. Subandi, ⁠Pj. Wali kota Kediri Zanariah, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Azhar Jaya, Direktur Rumah Sakit Siti Khodijah H. Muhammad Hamdan, dan Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dachlan Kota Kediri Zainul Arifin. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini