Persamaan KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyari Diungkap dalam Konsolidasi Nasional Muhammadiyah
Prof. Dr. Sofyan Anif, MSi (kiri) bersama Ustaz Dr. Adi Hidayat, Lc, Dr KH Saad Ibrahim, MA dan KH. Fathurrahman Kamal, Lc, MSi.
UM Surabaya

Persamaan dua tokoh pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia ini diungkap oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dalam Konsolidasi Nasional (Konsolnas) Majelis Tabligh PP Muhammadiyah di UMRI, Rabu (18/9/2024).

Prof. Anif, demikian karib disapa menyampaikan, antara KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari lebih banyak persamaannya, Namun saat ini lebih banyak dicari perbedaannya.

“Gurunya Ahmad Dahlan dan Hayim Asy’ari itu sama yakni KH. Sholeh Darat dari Semarang. Kalau gurunya sama, maka pikiran-pikirannya tentu tidak jauh berbeda,” ujarnya.

Pria kelahiran Demak ini menambahkan, Ahmad Dahlan dan Hasyim Asyari sama-sama diminta untuk belajar ke Makkah.

“Kedua dari beliau diminta untuk belajar ke Makkah, dan kita faham madzab di Makkah sama sehingga pemikiran dan ideologi-nya sama,” Imbuhnya.

“Pulang dari Makkah, keduanya membagi tugas, KH. Ahmad Dahlan membangun sekolah, sementara KH. Hasyim Asy’ari membangun pondok pesantren, tujuannya sama mencerdaskan kehidupan bangsa,” terang Guru Besar ke-25 UMS tersebut.

“Bahkan, KH. Hasyim Asy’ari meminta bahwa jika kelak wafat, makamnya tidak ingin dikijing (didirikan bangunan di atasnya). Itu artinya sefaham dengan kita,” pungkasnya. (munahar)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini