Membangun Roadmap dan Ekosistem Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah
“Leadership Training ke 10” bagi Pimpinan PTMA yang dilaksanakan di Student Dormitory UMY.
UM Surabaya

*)Oleh: Ghoffar Ismail
Fasilitator pada Leadership Training ke-10 bagi Pimpinan PTMA di UMY

Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) memiliki peran yang sangat penting sebagai pusat keunggulan (center of excellence) dalam dunia pendidikan. Sebagai bagian dari gerakan Muhammadiyah, PTMA harus terus berkembang dan mengembangkan, bergerak dan menggerakkan, serta hidup dan menghidupkan agar setiap langkah keunggulan dapat dilakukan secara bersama-sama.

Untuk itu penting membangun roadmap dan ekosistem pendidikan yang mendukung visi dan misi PTMA melalui tafsiran lima ayat Al-Qur’an yang relevan.

Visi Pendidikan Berbasis Pengabdian kepada Allah (QS. At-Taubah: 111)

QS. At-Taubah ayat 111 mengajarkan tentang visi pendidikan yang berlandaskan pengabdian total kepada Allah. Ayat ini menegaskan bahwa seorang mukmin sejati adalah mereka yang menjual dirinya untuk perjuangan di jalan Allah.

Dalam konteks pendidikan, ayat ini menginspirasi visi PTMA untuk membentuk insan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki orientasi kuat terhadap nilai-nilai Islam. Roadmap pendidikan PTMA harus mengarahkan seluruh sivitas akademika untuk menjadikan institusi sebagai pusat pembentukan generasi beriman, berilmu, dan berkontribusi pada kemajuan peradaban. Oleh karena itu, kurikulum PTMA tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada penanaman semangat pengorbanan dan pengabdian.

Pendidikan untuk Melindungi dan Membentuk Generasi Tangguh (QS. At-Tahrim: 6)

QS. At-Tahrim ayat 6 menyerukan agar kita menjaga diri dan keluarga dari api neraka, yang mencerminkan pentingnya membangun generasi yang tangguh dan berkualitas. Dalam konteks ini, PTMA harus membangun ekosistem pendidikan yang menanamkan nilai moral dan spiritual yang kuat.

Pembentukan karakter mulia menjadi prioritas utama dalam setiap proses pembelajaran, baik melalui kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler. Pendidikan di PTMA harus menekankan pada penguatan akhlak dan penanaman nilai-nilai Islami sebagai landasan untuk melindungi generasi muda dari pengaruh negatif di era globalisasi.

Kolaborasi dan Gotong Royong untuk Kebaikan (QS. Al-Maidah: 2)

QS. Al-Maidah ayat 2 mengajarkan pentingnya saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Dalam membangun roadmap pendidikan, nilai kolaborasi ini harus menjadi prinsip dasar. PTMA perlu menciptakan ekosistem pendidikan yang mendorong sinergi antara dosen, mahasiswa, alumni, dan masyarakat.

Kolaborasi ini dapat diwujudkan melalui berbagai inisiatif, seperti pengabdian masyarakat berbasis penelitian, proyek kewirausahaan sosial, dan pembelajaran berbasis kolaborasi lintas disiplin. Dengan begitu, ekosistem pendidikan yang inklusif dan kolaboratif dapat terwujud.

Kesetaraan dan Kebersamaan dalam Membangun Ekosistem Pendidikan (QS. At-Taubah: 71)

QS. At-Taubah ayat 71 menekankan kesetaraan dan saling mendukung antara laki-laki dan perempuan dalam menjalankan amar ma’ruf nahi munkar. Dalam konteks PTMA, ayat ini mengingatkan kita tentang pentingnya menciptakan kesetaraan dalam pendidikan. Roadmap pendidikan harus mencakup strategi untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana setiap individu, tanpa memandang gender, memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi. Kesetaraan ini juga mencakup akses terhadap fasilitas pendidikan yang berkualitas dan kesempatan berkembang bagi semua.

Disiplin dan Kekuatan Organisasi dalam Pendidikan (QS. As-Shaf: 4)

QS. As-Shaf ayat 4 mengajarkan pentingnya membangun barisan yang kokoh dan terorganisir dengan baik, seperti bangunan yang tersusun rapi. Untuk itu, PTMA perlu memiliki manajemen organisasi yang solid dan terstruktur agar ekosistem pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Roadmap pendidikan harus mencakup penguatan tata kelola institusi, baik dalam bidang akademik, administrasi, maupun pengelolaan sumber daya. Ekosistem yang kuat hanya dapat terwujud melalui sinergi antarunit, disiplin tinggi, dan komitmen kolektif.

Kelima ayat Al-Qur’an di atas memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk membangun roadmap dan ekosistem pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

PTMA harus memadukan visi religius, nilai kolaboratif, kesetaraan, dan tata kelola yang baik untuk melahirkan lulusan yang mampu menjadi rahmatan lil ‘alamin. Dengan ekosistem pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai Qur’ani ini, PTMA diharapkan dapat menjadi institusi yang maju, unggul, dan besar dalam membentuk peradaban Islam berkemajuan.

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini