Lima Amal Saleh yang Sangat Dianjurkan dalam Islam
foto: learnreligions.com

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Whatever wealth you give, Allah will definitely replace it and He is the best provider of sustenance.”

(Apa pun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya dan dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki)

Kita sebagai umat muslim dituntut untuk selalu memperbanyak amal saleh, guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

Amal saleh adalah suatu perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang muslim sesuai dengan tuntunan ajaran Islam. Adapun contoh amal saleh yang dianjurkan dalam Islam adalah :

Pertama, Salat.

Salat merupakan amal saleh yang paling utama. Sebagai tiang agama, salat adalah ibadah yang harus dikerjakan oleh setiap muslim sepanjang hidupnya.

Allah SWT berfirman:

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.

Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Ankabuut: 45)

Kedua, Puasa.

Puasa adalah salah satu amal saleh yang banyak digalakkan dalam Islam. Puasa memiliki manfaat yang luar biasa, baik dari segi kesehatan maupun spiritual.

Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Ketiga, Sedekah.

Sedekah merupakan amal saleh yang sangat dianjurkan dalam Islam. Memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan adalah salah satu cara untuk membersihkan harta dan jiwa.

Allah SWT berfirman:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka.

Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103)

Keempat, Zikir.

Zikir adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Dalam zikir, kita senantiasa mengingat dan memuji Allah SWT.

Dari Jabir berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، يَقُوْلُ : (( أَفْضَلُ الذِّكْرِ : لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِي ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ ))

“Zikir yang paling utama adalah laa ilaha illallah (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah).” (Hadits Hasan Diriwayatkan Oleh Tirmidzi No. 3383.)

Kelima, Silaturahmi.

Silaturahmi merupakan amal saleh yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Menjalin hubungan baik dengan keluarga dan kerabat membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan.

Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari No.5985 dan Muslim No.2557)

Amal saleh yang telah disebutkan di atas adalah sebagian dari banyak amalan yang dianjurkan dalam Islam.

Semoga kita senantiasa bisa memperbanyak amal saleh guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google New

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini