Haedar Nashir Minta Fachrodin Awards untuk Menghidupkan Tradisi Jurnalistik dan Literasi
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan ucapan selamat kepada para pemenang Fachrodin Award 2023 pada Selasa (28/11/2023). Haedar menyampaikan bahwa Fachrodin Award memegang peran strategis sebagai wadah untuk meningkatkan tradisi jurnalistik dan literasi.

“Kepada para pemenang, khususnya anak-anak muda persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat luas, mari manfaatkan momentum Fachrodin Award ini untuk menghidupkan dan memperluas tradisi jurnalistik serta literasi, sehingga masyarakat kita menjadi masyarakat yang gemar membaca, gemar menulis, dan sadar akan ilmu dan literasi,” ungkap Haedar Nashir.

Fachrodin Award, yang mengambil nama dari tokoh Muhammadiyah H Fachrodin, seorang tokoh pers yang merintis Majalah Suara Muhammadiyah dan juga dikenal sebagai Pahlawan Nasional, menjadi penggerak utama dalam memelopori dan menghidupkan tradisi literasi dan jurnalistik. H Fachrodin, seorang sosok yang haus ilmu dan mencintai dunia literasi, memberikan inspirasi yang luar biasa bagi generasi penerus.

Haedar Nashir juga mengekspresikan keprihatinannya terhadap kondisi masyarakat Indonesia yang jauh dari tradisi membaca. Dengan hanya satu dari seribu orang yang memiliki tradisi membaca, Muhammadiyah, melalui Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah, terus mendorong tradisi literasi bagi masyarakat secara umum.

Para pemenang Fachrodin Award 2023 diumumkan pada malam penganugerahan. Kategori Tokoh Inspiratif diraih oleh Ilyas Miloen dari Tanah Rambah, Riau, dan Esty Martiana Rachmie asal Lamongan, Jawa Timur.

Sementara itu, kategori Lomba Penulisan menyaksikan kemenangan Nur Annisa Immaduddin (Juara 1), Ganjar Sri Husodo (Juara 2), dan Efi Nurul Utama (Juara 3). Di kategori konten video, Andy Prasetya, Adhani Rahmanda, dan Tim SD Muhammadiyah PK Kottabarat meraih juara masing-masing.

Malam penganugerahan Fachrodin Award 2023 turut dihadiri oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Ketua PP Muhammadiyah Saad Ibrahim dan Dadang Kahmad, Ketua Majelis Pustaka Informasi (MPI) PP Muhammadiyah Muchlas, Sekretaris Lazismu Pusat Gunawan Hidayat, serta perwakilan MPI dari seluruh Indonesia. Para pemenang Fachrodin Award 2023 dengan bangga hadir untuk menerima penghargaan yang mengukir sejarah dalam dunia literasi dan jurnalistik Muhammadiyah. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini