Pemuda Masa Kini dan Pemimpin Masa Depan

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Leaders are not just born. Leadership is learned and developed. That process begins early in our lives with ourselves as individuals.”

(Pemimpin tidak lahir begitu saja. Kepemimpinan dipelajari dan dikembangkan. Proses itu dimulai sejak awal hidup kita dengan diri kita sendiri sebagai individu)

Sebagai pemuda masa kini, tugas kita bukan hanya sebagai generasi pengisi waktu, tetapi juga sebagai kaum pemimpin masa depan.

Seorang pemuda masa kini harus dapat mempersiapkan diri dan mempersiapkan kehidupannya dengan baik untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Dalam Islam, pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun peradaban yang lebih baik.

Allah Swt berfirman:

ٱلْمَالُ وَٱلْبَنُونَ زِينَةُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَٱلْبَٰقِيَٰتُ ٱلصَّٰلِحَٰتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. Al-Kahfi:46)

Dari sini kita bisa belajar bahwa kekayaan dan kesenangan dunia hanyalah sekedar perhiasan yang tidak bisa dibawa ke akhirat, namun amalan yang kita lakukan akan membawa kebaikan dan keberkahan di dunia dan akhirat.

Dalam sunah juga ditegaskan pentingnya pemuda dalam kemaslahatan umat. Dari Jabir berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” Hadits dihasankan oleh Al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (No.3289).

Dalam hal ini, pemuda memiliki peranan besar dalam memberikan manfaat kepada sesama manusia. Dalam menentukan arah perubahan positif, keberhasilan kita tidak bergantung pada usia, tetapi pada kebebasan, inspirasi, dan semangat dalam berkarya.

Oleh karena itu, sebagai pemuda masa kini, marilah kita bangkit dan menjadi pemimpin masa depan dalam membangun peradaban yang lebih baik.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini