Mengenal Jiwa-Jiwa Manusia
foto: muslimmatters.org

*) Oleh: Kholiq Imron, S.S.
Koordinator Dakwah Digital Majelis Tabligh PDM Lamongan

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna di antara makhluk-makhluk lainnya. Hal ini sebagaimana disebutkan Allah dalam surat At-Tin ayat 4:

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk fisik yang sebaik-baiknya, jauh lebih sempurna daripada hewan. Kami juga bekali mereka dengan akal dan sifat-sifat yang unggul. Dengan kelebihan-kelebihan itulah Kami amanati manusia sebagai khalifah di bumi.”

Manusia diciptakan dari tanah. Setelah ruh ditiupkan ke dalam jasadnya makhluk-makhluk lainnya pun bersujud. Hal ini sebagaimana difirmankan Allah dalam surat Al-Hijr 29-30:

“Maka, apabila Aku telah menyempurnakan (kejadian)-nya dan telah meniupkan roh (ciptaan)-Ku ke dalamnya, menyungkurlah kamu kepadanya dengan bersujud. Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama.”

Ayat yang senada dengan ini pun banyak, di antaranya dalam surat Sad ayat 71-
73, yang menyatakan bahwa di balik jasad kita ini sebenarnya ada ruh. Ruh itu membawa nafsu yang menjadikan manusia bisa lebih mulia dari malaikat ataukah lebih rendah daripada hewan.

Kamus besar bahasa Indonesia mendefinisikan nafsu sebagai keinginan (kecenderungan, dorongan) hati yang kuat, dorongan hati yang kuat untuk berbuat kurang baik; hawa nafsu, selera; gairah atau keinginan (makan panas hati; marah; meradang.

Alquran menyebutkan berbagai kebutuhan manusia yang mencerminkan manusia sebagai makhluk dinamis, di antaranya:

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa￾apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak,
kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran [3]: 14)

Nafsu inilah yang menjadikan manusia menjadi makhluk dinamis. Dalam hidup manusia ada fase-fase umur yang bisa digolongkan menjadi anak-anak, remaja, dewasa dan tua. Masa kanak-kanak berkisar antara umur 0-12 tahun, masa remaja berkisar antara 13-25 tahun, dewasa 26-45 tahun, lansia 46-63 tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini