Umsida Beri Penghargaan 12 Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri
foto: umsida
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan penghargaan kepada 12 mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang telah menjalin kerja sama terutama dalam hal keberlanjutan karier mahasiswa.

Penghargaan tersebut diberikan saat acara Mudik Alumni dalam rangka perayaan Milad ke- 35 Umsida, Sabtu (24/2/2024). Pihak DUDI yang hadir menerima dalam acara ini, di antaranya:

Krisna Kusnaniwoto (Pt. Interbat Tbk. sebagai HRD Manager & Ketua FKMIS); Alifia Puji ( Pt. Cargill Indonesia, sebagai HR Business Partner – Cfb Gresik); Diah Yuliastri (Pt. Indofood Noodle sebagai HRD Departement); Hadi Widodo (owner https://www.witechmesin.com).

Juga Hidayat (Pt. Japfa Comfeed Indonesia, sebagai HR Manager); Fatmah Mufidah S.Tr. Kes (Kepala Cabang, Lab. Parahita Cabang Pusat Surabaya); Muhammad Alif (Smamda, Kasie Penjaminan Mutu); Dr Fenny Apridawati SKM MKes (Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo); dan dr. Syamsu Rahmadi SpS (Direktur RSUD Sidoarjo).

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Industri Sidoarjo (FKMIS) Krisna Kusnaniwoto SH menyampaikan tentang pentingnya acara seperti Mudik Alumni ini.

“Berkumpulnya kita semua pada hari ini merupakan momen yang istimewa. Karena teman-teman yang datang di sini, saya yakin sudah bergerak, sudah berkembang sesuai dengan usaha dan upayanya,” tutur Kris yang juga mitra Umsida yang menjadi HRD Manager di PT Interbat Tbk.

“Nah, mungkin harapan dari kampus, dari acara Mudik Alumni ini ke depannya teman-teman yang alumni ini bisa memberikan contoh dan teladan bagi lulusan atau mahasiswa Umsida juga,” imbuh dia.

Dari acara ini, terang dia , Alumni juga bisa berbagi tentang perjalanan karier sampai dengan hari ini duduk bersama-sama di sini. Lebih mudahnya, hal itu mungkin bisa menduplikasikan road map yang sudah dilakukan.

Menurutnya, saat ini mungkin ada alumni yang telah menjadi pengusaha sukses, atau bergabung dengan satu perusahaan.

Dalam meraih posisi tersebut, tentu mereka mempunyai jalan, langkah-langkah, dan upaya.

Hal tersebutlah yang menurut Kris perlu disampaikan atau dipublikasikan ke rekan atau adik-adik yang masih kuliah. Tujuannya, agar mereka bisa mengambil manfaat dari adanya contoh tersebut.

Dari sinilah diketahui bahwa terkadang, Ikatan Alumni itu sangat kuat, seperti acara Mudik Alumni ini.

“Kadang-kadang, kalau ada perusahaan yang di dalamnya terdapat alumni Umsida ya. Ketika suatu saat ia membutuhkan SDM baru di perusahaan, kadang-kadang kita sering kali kalau ada pelamar yang dari berbagai institusi. Namun, yang kerap kali diprioritaskan adalah sesama alumninya. Nah, di sinilah peran ikatan itu muncul,” papar dia.

Menurutnya, diperlukan komunikasi yang baik antara alumni dan pihak kampus. Karena tak jarang ditemui bahwa rekrutmen suatu perusahaan itu bersifat tertutup, yang mengetahui informasi tentang hal tersebut hanya orang-orang tertentu.

Oleh karena itu, Kris berpesan kepada para alumni, jika ada alumni yang memang mahir di bidangnya dan sesuai dengan SDM yang dibutuhkan, maka jangan segan-segan untuk memberitahu pihak kampus supaya bisa lebih dimanfaatkan.

“Selain itu, kami sebagai organisasi swasta industri di Sidoarjo, berterima kasih pada Umsida karena sudah hampir lebih dari 5 tahun menjalin kerja sama. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut seiring dengan adanya penempatan magang mahasiswa,” jelas Kris.

Dia berharap agar IKA Umsida ini bisa semakin baik, kompak, solid dan berkontribusi terhadap kampus, termasuk terhadap lulusan Umsida. (romadhona s)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini