Derajat Amal Tertinggi Di Sisi Allah
UM Surabaya

Amalan ibadah yang baik banyak dijelaskan di dalam Alquran dan hadis Nabi shalallahu alaihi wasallam.

Kedudukan dan keutamaan ibadahnya pun berbeda beda. Ada yang wajib, sunah, yang asas, dan yang cabang.

Selain itu, ada yang berfungsi sebagai rukun dan syarat sah ibadah, ada juga yang lebih tinggi kedudukannya dari ibadah yang lain.

Dalam sebuah hadis, para sahabat kerap bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam tentang amalan yang paling utama dan dianjurkan dalam Islam.

Misalnya, pertanyaan Abdullah bin Mas’ud ra tentang amalan yang paling disukai Allah. Rasul pun menjawab, “Salat pada waktunya, berbuat baik kepada ibu bapak, dan jihad di jalan Allah.” (HR Bukhari Muslim)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kita dari perbuatan dosa. Manusia yang memang tidak akan pernah luput dari dosa pun masih diberikan kesempatan untuk meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bahkan, wujud cinta Allah Subhanahu Wa Ta’ala terhadap hamba-Nya yang bergelimang dosa, tertuang dalam QS. Az-Zumar ayat 53:

“Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Berikut amalan-amalan zikir sederhana yang bisa dilakukan agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengampuni dan menghapus dosa-dosa kita:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini