akwah Islam Menggunakan rtificial lntellegence, Seperti Apa?
UM Surabaya

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau disebut AI, merupakan teknologi mutakhir yang dapat membantu berbagai pekerjaan manusia, termasuk sebagai alat berdakwah.

Yang perlu kita ketahui bahwa Artificial Intelligence saat ini merupakan teknologi yang bagus kalau diberi data yang bagus.

Contohnya dalam hadith GPT data yang diberikan yaitu terjemahan hadis sehingga data yang dikeluarkan kurang pas.

Berdasarkan data tersebut, tantangan penggunaan AI bertumpu pada data yang harus akurat. Jika datanya bias maka AI-nya akan bias juga.

Sementara menurutnya dari sisi peluang pengembangan, AI ini sangat bisa digunakan dalam berdakwah sebagai alat dalam menyebarkan informasi tentang agama Islam.

Peluangnya sangat besar sebagai alat bantu (asisten teknologi). Karenanya, AI ini sepantasnya dapat digunakan dengan cerdas dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Terlepas dari plus minus yang ada, semoga AI ini dapat memberikan maslahat bagi banyak orang dan gunakan AI ini dengan cerdas.

Karena AI ini mirip dengan tools-tools manusia, semisal pisau yang digunakan di dapur tapi ini bisa juga dipakai untuk kejahatan. (*)

(Disampaikan Ahmad Ataka Awwalur Rizqi Ph.D, Ahli Robotik lulusan King’s College London, Inggris, di UAD Yogyakarta, 16 Mei 2023).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini