Prof Dr Biyanto, M Ag: Kepala Sekolah itu Harus Luas dan Luwes
Para kepala sekolah di lingkungan Muhammadiyah Lumajang usai pelantikan.
UM Surabaya

“Pimpinan AUM itu harus Luas dan Luwes, begitu juga dengan Kepala Sekolah,” pesan Prof Dr Biyanto, M.Ag saat memberikan sambutan dalam pelantikan Kepala Sekolah MI, SMP, SMA dan SMK Muhammadiyah Kabupaten Lumajang, Senin (5/08/2024) di Aula KH Abdi Manaf SMK Muhammadiyah Lumajang.

Di hadapan 180 undangan terdiri dari guru dan tenaga pendidik, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim itu menjelaskan yang dimaksud luas tidak hanya pengetahuan saja yang harus luas, tapi juga membangun jaringan.

“Nah kalau sudah luas, orang itu pasti jadi luwes,” jelasnya.

Luwes artinya fleksibel, tidak kaku dan tidak ribet. Hal ini sesuai dengan makna 10 sifat kepribadian Muhammadiyah, yakni modernis dan moderat. Dengan pedoman luas dan luwes ini diharapkan sekolah-sekolah Muhammadiyah terus bergerak dalam berkemajuan.

“Muhammadiyah itu gerakan dakwah. Begitu juga dengan AUM (Amal Usaha Muhammadiyah). Termasuk sekolah, harus terus bergerak. Karena bergerak itu tanda hidup,” tegas Prof Bi, panggilan akrab guru besar di Uinsa itu.

Setidaknya ada 7 kepala sekolah yang dilantik pada hari itu. Yakni, 2 Kepala Sekola MI Muhammadiyah, 2 Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah, 1 Kepala Sekolah SMA Muhammaidyah dan 2 Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah di Kabupaten Lumajang.

Namun ada satu kepala sekolah yang dilantik waktu itu tidak sampai penuh satu periode jabatan  4 tahun.  Dalam SK pelantikan hanya tertera 2 tahun masa jabatan. Yakni Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Jatiroto, atas nama Soeprajogi, S.Pd.

Hal ini terjadi karena berkaitan dengan usia yang bersangkutan. Setelah dikonfirmasi, memang yang bersangkutan mencapai batas usia pensiun sampai SK berakhir. (hari budianto)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini