Al-Qur'an sebagai Petunjuk Kehidupanmu
foto: islamonline
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Anything that is repeated is boring except The Qu’ran.”
(Setiap yang diulang-ulang itu membosankan kecuali Al-Qur’an)

Al-Qur’an adalah petunjuk kehidupan yang penting bagi umat Muslim. Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam, dan mengandung ajaran-ajaran tentang bagaimana cara hidup yang baik dan benar.

Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya:

إِنَّ هَٰذَا ٱلْقُرْءَانَ يَهْدِى لِلَّتِى هِىَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ ٱلْمُؤْمِنِينَ ٱلَّذِينَ يَعْمَلُونَ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا
Artinya:

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al-Isra’:9)

Ustaz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I dalam Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an menjelaskan, di ayat ini, Allah SWT menerangkan kemuliaan Al Qur’an dan keagungannya. Baik dalam akidah, amal maupun akhlak.

Oleh karena itu, orang yang mengambil petunjuk darinya, maka ia akan menjadi orang yang sempurna, lurus dan mendapat petunjuk.

Tidak hanya orang Alim saja, tapi juga orang-orang awam sekalipun merasakan manfaat dari membaca Al-Qur’an dan menjadikan petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an, kita dapat mengetahui dan mempraktikkan nilai-nilai yang bermanfaat dalam kehidupan, serta menemukan ketenangan dan kedamaian dalam diri.

Oleh karena itu, kita sebagai umat Muslim seharusnya selalu mempelajari dan memahami isi Al-Qur’an serta mengambil hikmah dari ayat-ayatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menjadi pengikut Al-Qur’an, kita dapat hidup bahagia dan sukses di dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini