Barang yang Tidak Boleh Ditolak
UM Surabaya

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada 3 hal yang tidak boleh ditolak, bantal untuk duduk, minyak wangi, dan susu.” (HR Tirmidzi)

Menolak pemberian minyak wangi sangat dilarang.

Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang ditawari minyak wangi, janganlah dia menolaknya. Karena minyak wangi itu ringan diterima, dan baunya harum.” (HR Ahmad)

Menolak pemberian susu juga dilarang, mengapa? Karena susu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Rasulullah juga suka mengonsumsi susu.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla ketika menurunkan penyakit pasti juga menurunkan obatnya, kecuali penyakit tua. Lalu hendaklah kalian meminum susu sapi, karena ia terkumpul dari berbagai macam tumbuhan.” (HR Abu Daud)

Larangan menolak pemberian minyak wangi disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang ditawari minyak wangi, janganlah dia menolaknya. Karena minyak wangi itu ringan diterima, dan baunya harum.” (HR Ahmad no. 8264, Nasa’i 5276, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Untuk menerima hadiah minyak wangi, kita tidak perlu mengeluarkan modal banyak, sebagaimana hadiah besar lainnya. Seperti hadiah binatang atau benda berat yang mungkin susah untuk dipindahkan. (Hasyiyah as-Sindi untuk Musnad Ahmad, 14/16)

Juga disebutkan dalam hadits lain dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada 3 hal yang tidak boleh ditolak, bantal untuk duduk, minyak wangi, dan susu.” (HR Tirmidzi 3020, al-Baghawi 3173, dan dihasankan al-Albani)

Yang dimaksud bantal di sini bukan untuk alas kepala ketika tidur, namun bantal lebar untuk alas duduk. Di samping larangan di atas, juga disebutkan dalam hadits yang shahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menolak pemberian minyak wangi. Setiap beliau diberi minyak wangi, beliau selalu menerimanya.

Semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini