Persahabatan Sejati, Anugerah Terbesar Setelah Iman
foto: vecteezy
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Persahabatan adalah salah satu tema yang diangkat dalam Al-Qur’an sebagai nikmat besar dari Allah Ta’ala bagi orang-orang yang beriman. Sebagaimana disebutkan dalam Surah Ali Imran ayat 103-104, persahabatan yang sejati adalah karunia yang mempererat hati mereka yang beriman.

Berteman adalah menyayangi, bukan menyaingi. Berteman berarti mendidik, bukan membidik. Persahabatan sejati mengajarkan kita untuk merangkul, bukan memukul; untuk membina, bukan menghina; untuk mencurahkan, bukan merendahkan.

Persahabatan adalah tentang mencari solusi, bukan mencari sensasi; tentang menghargai, bukan melukai; dan tentang membela, bukan mencela.

Dalam Islam, persahabatan yang terjalin atas dasar keimanan kepada Allah Ta’ala harus berlandaskan ketentuan-Nya dan petunjuk Rasul-Nya.

Persahabatan semacam ini merupakan ikatan kuat yang hanya bisa terjalin dengan keikhlasan, penghargaan terhadap perbedaan, dan saling percaya akan kualitas masing-masing teman.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Seorang mukmin bagi mukmin lainnya laksana bangunan yang satu sama lain saling menguatkan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Jangan biarkan prasangka buruk menghampiri pikiran kita terhadap sahabat. Sebaliknya, bantulah mereka ketika mereka terpeleset.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda: “Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, dan saling membelakangi. Jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Sebutlah nama sahabat kita dalam doa, bukan merasa iri ketika mereka dipuji, bukan merasa senang saat mereka bersedih, dan bukan tertawa ketika mereka menderita. Bertemanlah dengan hati yang baik dan tulus, dengan kesederhanaan tanpa pamrih.

Ketika hati kita baik dan tulus, percayalah, Allah juga akan selalu bersama kita, hingga Dia memanggil kita kembali ke surga-Nya bersama sahabat-sahabat yang salih.

Insya Allah, semoga Allah Ta’ala mempertemukan kita dengan sahabat-sahabat yang salih, yang menjadi jalan menuju kebaikan dan ketaatan. Aamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini