Polda Jatim Gandeng Universitas Muhammadiyah Malang Perkuat SDM Kepolisian
Rektor UMM Prof Dr Nazaruddin Malik (kiri) usai penandatangan naskah perjanjian kerjasama di Polda Jatim.
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur teken kerjasama untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) jajaran kepolisian di Jawa Timur. Penandatangan naskah kerjasama perjanjian dilakukan, Jumat (4/10/2024) di Mapolda Jatim antara Kapolda Irjen Pol Imam Sugiyanto dengan Rektor UMM Prof Dr Nazaruddin Malik, MSi.

Kerjasama itu juga sekaligus memperkuat kiprah Kampus Putih dalam membantu masyarakat secara luas.

Terkait kolaborasi ini, Kepala Polda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan bahwa ini menjadi upaya pihaknya dalam peningkatan SDM. Maka, kerjasama dengan universitas menjadi salah satu jalannya. UMM dinilai memiliki kualitas yang mumpuni dan dipercaya bisa memberikan pendidikan yang baik. Ia berharap, tenaga Polri dapat menamatkan pendidikan di jenjang sarjana maupun magister di perguruan tinggi UMM.

“Selain itu, saya juga titip kepada Rektor UMM dan sivitas akamedikanya untuk sama-sama menjaga ketertiban. Khususnya dalam menjaga perhelatan pesta demokrasi yang akan datang. Menjaga kondisi tetap damai dan betul-betul fair, terutama di wilayah Jawa Timur,” katanya.

Di sisi lain, Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. mengatakan bahwa UMM dan kepolisian memiliki ikatan batin yang luar biasa. Muhammadiyah sedari awal sudah menyatakan bersama pemerintah bahwa NKRI harga mati. Maka, UMM akan selalu mendukung dan membantu kepolisian dalam berbagai aspek. Pihaknya juga siap berkolaborasi dalam pengembangan SDM dengan berbagai unggulan yang dimiliki UMM.

“Kita selalu siap di berbagai dimensi yang ada. UMM sangat terbuka untuk melaksanakan kolaborasi dengan Polda Jatim. Akselerasi kualitas SDM unggul memang diperlukan di berbagai lini. Termasuk di lini kepolisian, maka kerjasama dengan kampus merupakan langkah yang strategis. Selain itu, kami juga selalu terbuka untuk melakukan kerjasama di bidang riset, keamanan, pengadian masyarakat maupun lainnya,” katanya.

Adapun selama ini Kampus Putih memang sudah berkiprah untuk menjaga perdamaian dan keamanan di masyarakat. Misalnya pada aspek penanggulangan narkoba, kekerasan, dan lainnya. Bahkan UMM juga turut membantu pengembangan SDM di lembaga pemasyarakatan. Mulai dari pelatiahn menulis, membuat karya, menyusun buku, buka bersama, idul adha, dan lain sebagainya.

Selain dengan UMM, Polda Jatim juga melakukan penandatangan perjanjian naskah kerjasama peningkatan SDM dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya. (wil/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini