Sahabat Sejati, Anugerah Tak Ternilai dalam Islam
foto: salamislam
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“A true friend is someone who accompanies you when everyone walks away from you.”
(Sahabat sejati adalah ia yang menemanimu saat semua orang pergi menjauhimu)

Sahabat adalah sosok yang selalu hadir, baik di saat suka maupun duka. Keberadaannya bagaikan oase di tengah gurun kehidupan, memberikan kesejukan dan dukungan di setiap langkah yang kita tempuh.

Persahabatan adalah salah satu ikatan terpenting dalam hidup, dan seorang sahabat sejati sering kali menjadi pendorong terbesar di setiap proses yang kita lalui.

Dalam ajaran Islam, persahabatan yang baik sangat dianjurkan. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-Hujurat: 10:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Maka damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”

Ayat ini menegaskan bahwa setiap mukmin adalah saudara. Ikatan keimanan menciptakan kewajiban bagi setiap orang untuk mencintai saudara sesamanya sebagaimana mereka mencintai diri mereka sendiri.

Rasulullah saw juga banyak memberikan perumpamaan tentang persaudaraan dalam Islam, yang mengajarkan nilai kerjasama dan saling mendukung.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, beliau bersabda:

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“Orang mukmin dengan mukmin lainnya itu seperti bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain.”

Kerja sama adalah kunci dalam membangun kebersamaan. Menghilangkan ego dan menghindari merasa diri paling penting adalah ciri seorang mukmin sejati.

Gotong royong dan tenggang rasa adalah sikap yang harus kita kembangkan.

Oleh karena itu, sahabat sejati adalah anugerah yang tak ternilai dan wajib kita syukuri. Keberadaannya mampu memberikan dampak positif dalam kehidupan kita, baik secara emosional maupun spiritual.

Marilah kita menjaga, merawat, dan mensyukuri persahabatan yang telah kita miliki, karena persahabatan yang baik adalah salah satu wujud kasih sayang Allah SWT dalam hidup kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini