Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S. Pd
Korps Muballigh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Alms doesn’t need to wait for you to get rich, you just need to set aside some of what you have.”

(Sedekah tidak perlu menunggu kaya, hanya perlu menyisihkan sebagian saja dari yang kamu punya)

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan sangatlah besar. Selain mendapatkan pahala yang dilipatgandakan, sedekah juga dapat membersihkan jiwa dan memperkuat solidaritas antara sesama muslim.

Sebagaimana dalam firman-Nya:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)

Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya mengatakan, “Ayat ini sangat memotivasi hati untuk gemar berinfak.

Ayat ini merupakan isyarat bahwa setiap amal saleh yang dilakukan akan diiming-imingi pahala yang berlimpah bagi pelakunya.

Dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman:

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرَٰتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا۟ يَأْتِ بِكُمُ ٱللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari Kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Baqarah: 148).

Dari ayat-ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa sedekah di bulan Ramadan memiliki keutamaan yang sangat besar, karena pahalanya dilipatgandakan, membersihkan jiwa, dan memperkuat solidaritas antara sesama muslim.

Oleh karena itu, mari kita lebih banyak berinfak dan bersedekah di bulan Ramadan untuk mendapatkan keberkahan dan kebaikan dalam hidup kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini