Berdamai dengan Kecemasan
foto: uhhospitals
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KKM) PDM Jombang.

“Trust your process. Your anxiety is not your identity.”
(Percayalah pada prosesmu. Kecemasanmu bukanlah identitasmu)

Kecemasan adalah gejala umum yang dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Tidak ada yang terhindar dari rasa cemas, namun ada beberapa cara yang dapat membantu kita untuk berdamai dengan kecemasan.

Salah satunya adalah dengan menguatkan iman kepada Allah SWT. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah:153)

Ayat ini mengajarkan kita untuk bersabar dan tawakal kepada Allah SWT. Dalam Al-Qur’an juga mengajarkan kita untuk selalu mengingat Allah SWT:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du: 28)

Para ulama, termasuk Imam Al-Ghazali dan Ibn Qayyim Al-Jauziyyah, juga mengajarkan pentingnya menguatkan iman dalam mengatasi kecemasan.

Mereka mengatakan bahwa dengan mengingat Allah SWT dan selalu berdoa kepada-Nya, kita akan merasa tenang dan lebih mudah menghadapi setiap permasalahan.

Dari segi ilmuwan dan praktisi, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kegiatan yang memperkuat iman dan spiritualitas seperti berdoa, meditasi, dan olahraga ringan dapat membantu mengatasi kecemasan.

Dalam analisis terkait berdamai dengan kecemasan, dapat disimpulkan bahwa menguatkan iman kepada Allah SWT dan selalu mengingat-Nya dapat membantu kita untuk tenang dan menghadapi setiap permasalahan dengan lebih baik.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kekuatan iman kita dan selalu berdoa kepada Allah SWT dalam setiap kesulitan yang kita hadapi.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini