Islam sebagai Way of Life
foto: unsplash
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Make Islam a way of life, because only with Islam, we will experience the goodness and blessings of life in this world and in the afterlife.”

(Jadikan islam sebagai jalan hidup, sebab hanya dengan Islam. Kita akan merasakan kebaikan dan keberkahan kehidupan di dunia dan di akhirat)

Islam sebagai agama mengajarkan bahwa ia bukan hanya sekedar keyakinan, namun juga sebuah cara hidup atau diistilahkan sebagai “The Way of Life” yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya:

ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah:3)

Ayat tersebut menegaskan bahwa agama Islam merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang muslim.

Selain itu, terdapat juga hadis dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Al-Khattab ia mengatakan, bahwa ia mendengar Rasulullah saw bersabda:

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ “

“Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji (ke Baitullah); dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari, No. 8 dan Muslim No. 16)

Hadis ini menunjukkan bahwa ibadah-ibadah tersebut adalah bagian dari cara hidup seorang muslim.

Pandangan para ulama juga sejalan dengan hal tersebut. Al-Ghazali, salah satu ulama terkemuka mengatakan bahwa, “Agama Islam merupakan panduan bagi hidup manusia karena ia memberikan solusi terbaik untuk setiap masalah. ”

Dalam kesimpulannya, Islam sebagai way of life merupakan suatu konsep yang ditegaskan dalam Al-Qur’an dan hadis sebagai landasan bagi kehidupan Muslim.

Apabila diaplikasikan dengan baik, konsep tersebut dapat membawa pemenuhan kebutuhan spiritual dan material manusia, serta menciptakan masyarakat yang seimbang dan harmonis. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini