Seni sebagai Media Dakwah Pembinaan Akhlak
foto: scenearabia

*) Oleh: Eko Budi Santoso, SPd.I, MS.I,
Sekretaris Majelis Tabligh PDM Ngawi

Dakwah merupakan kegiatan interaksi sosial yang bertujuan mengajak, memanggil dan
menyeru dengan berdasarkan tuntunan yang terdapat dalam ayat-ayat Alquran dan dalam hadis Nabi Muhammad saw.

Sebenarnya kegiatan ini telah dilaksanakan sejak zaman para Nabi di masa lalu. Dengan adanya kegiatan dakwah, maka manusia diperkenalkan dengan kekuasaan Allah, kebesaran-Nya dan segala karunia-Nya.

Rasul-rasul pilihan Allah adalah pembawa kabar Bahagia bagi mereka yang taat kepada ajarannya sekaligus pembawa peringatan bagi siapa saja yang enggan mengikuti ajaran yang telah dibawa oleh para Rasul.

Tetapi setiap Rasul yang diutus oleh Allah kepada suatu kaum mereka memiliki tantangan dan ragam ujian yang berbeda. Seni merupakan instrumen penting untuk melunakkan hati.

Mungkin karena itu, agama menempatkan seni sebagai bagian yang tak terpisahkan di dalam ajarannya. Dalam Islam, seni memiliki kedudukan yang amat penting.

Kitab Suci Alquran adalah “karya” seni yang sangat menakjubkan dari berbagai sudut pandang.

Mulai dari struktur bahasanya yang sangat indah sampai kepada pola dialektiknya di dalam menembus relung-relung hati manusia.

Tidak sedikit orang terpikat hingga memeluk agama Islam karena keindahan tutur dan balagah Alquran.

Islam dan dunia seni bagaikan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi. Islam tanpa seni dan seni tanpa Islam tidak akan mencapai kesempurnaan.

Islam merupakan ajaran Tuhan yang memerlukan seni di dalam mengartikulasikan kedalaman aspek kebatinan dari ajaran itu.

Seni merupakan bagian dari sisi dalam manusia yang membutuhkan lokus untuk mengaktualisasikan nilai-nilai estetisnya. Islam dan seni menuntut ekspresi “rasa” yang amat mendalam dari manusia.

Islam berisi ajakan kelembutan, kedamaian, kehalusan, harmoni kepada pemeluknya, sedangkan seni menawarkan ajakan-ajakan itu.

Seni adalah ekspresi yang bernuansa indah. Apakah itu ucapan atau unkapan, lukisan
atau lisan, pendek kata dalam segala aspek kehidupan. Dengan ilmu segalanya menjadi lebih mudah, dengan seni segalanya menjadi lebih indah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini