Hafsah binti Umar, Sang Penjaga Kitab Allah
copy link https: img.okezone.com content 2019 11 25 614 2134155 mengenal-hafshah-binti-umar-istri-rasulullah-yang-pernah-ditolak-para-sahabat-nabi-b5jdjlPkaw.jpg Masyarakat Arab zaman dulu. foto: baztab

*) Oleh: Donny Syofyan,
Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Hafsah adalah salah satu putri dari sahabat Rasulullah, yakni khalifah Umar bin Khattab. Dia juga merupakan salah satu ibu dari orang-orang yang beriman (Ummul Mukminin) karena dia menikah dengan Nabi saw.

Dalam bahasa Arab, hafs adalah salah satu nama yang diberikan untuk singa. Rasulullah SAW sering menyebut Umar sebagai Abu Hafs (ayah dari Hafs, yaitu Hafsah).

Sebelum menikah dengan Nabi, Hafsah menikah dengan seorang pria bernama Hisn bin Hudhafah. Dia ikut perang Badar dan kemudian jatuh sakit di Madinah dan wafat. Dia meninggalkan Hafsah sebagai janda.

Pada masa itu, bukanlah sesuatu yang dianggap rendah untuk menawarkan putri atau adik/kakak perempuan untuk dinikahi kepada seorang pria yang diizinkan oleh walinya.

Orang-orang Arab suka menikahkan putri mereka pada usia dini, dan jika mereka menjadi janda, mereka akan segera menikahkannya kembali.

Itulah sebabnya ketika Hafsah menjadi janda, Umar khawatir dan bingung. Suatu hari, dia pergi ke rumah Abu Bakar dan menawarkan putrinya untuk dinikahi Abu Bakar.

Abu Bakar tetap diam dan tidak mengucapkan sepatah kata pun. Umar meninggalkan rumah Abu Bakar dengan perasaan bingung.

Kemudian dia pergi ke Utsman dan mengira bahwa karena putri Nabi, Ruqayyah, yang merupakan istri Utsman, telah meninggal, Utsman mungkin akan merespons dengan baik.

Namun, Utsman menjawab, “Aku tidak ingin menikah hari ini.” Hal ini karena Utsman masih belum pulih dari kematian istri tercintanya. Umar, jelas kesal, pergi dan itulah saat Rasul Allah melihatnya dan bertanya mengapa dia terlihat begitu khawatir.

Umar memberitahunya tentang apa yang terjadi dan Nabi SAW berkata, “Hafsah akan menikahi seseorang yang lebih baik dari Utsman, dan Utsman akan menikahi seseorang yang lebih baik dari Hafsah.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini