Dari Lomba E-Sport Hingga Dakwah Digital
Pembukaan Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) VII di Bandung.
UM Surabaya

Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) VII tahun 2024, 6 hingga 8 Maret 2024 di Bandung diikuti ribuan pelajar dari seluruh Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal PP Muhammadiyah itu dengan tema “Membangun Kreativitas, Menumbuhkan Prestasi, Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan Menuju Indonesia Emas 2045,”

Ketua Panitia Pelaksana Olympicad, Dadang Syarifuddin menjelaskan, perhelatan besar ini menampilkan berbagai lomba mulai dari Lomba E-Sport hingga dakwah digital. Sejumlah tempat sudah disiapkan sebagai lokasi lomba, seperti Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Aisyiyah Bandung, Aisyiyah Boarding School Ballendah, dan Kompleks Perguruan Muhammadiyah Antapani.

Baca juga: Olympicad VII Resmi Dibuka, Ajang Tranformasi Kualitas Antar Sekolah Muhammadiyah

Perlombaan mencakup beragam bidang dan tingkatan pendidikan. Tingkat Guru dan Kepala Sekolah menampilkan lomba praktis penyelenggaraan pendidikan inklusi, pengelolaan sekolah terbaik, dan inovasi pembelajaran.

Pada tingkat SMA, lomba E-sport, astronomi, kaligrafi, musik akustik, dan lainnya menghadirkan tantangan. Tingkat SMP menampilkan lomba robotika, majalah sekolah, kaligrafi, musikalisasi puisi, dan sejenisnya.

“Sementara pada tingkat SD, peserta bersaing dalam lomba matematika, IPA, tilawatil quran, dan lain-lain,” jelasnya.

Melalui berbagai cabang lomba ini, lanjut Dadang, olympicad bertujuan untuk menguji kemampuan, gagasan, dan keterampilan peserta dalam memecahkan masalah, serta membangun jaringan dalam bidang pendidikan. Setiap cabang lomba diharapkan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan bakat dan minat peserta. Selain itu, ajang ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri siswa dan guru melalui kompetisi sportif yang sehat. Olympicad diharapkan memberikan efek positif dalam membina kemampuan, keterampilan, dan kreativitas peserta.

Rangkaian pembukaan Olympicad diadakan dengan meriah di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat. Peserta, didampingi oleh pembimbing dan tamu undangan, memadati gedung tersebut dalam antusiasme yang luar biasa. Pada saat yang bersamaan, Hanin Dhiya jebolan Rising Star Indonesia turut serta mengguncangkan momen pembukaan kegiatan akbar tempo dua tahunan tersebut.

Perhelatan akbar yang dinisiasi oleh Muhammadiyah ini dibuka langsung oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini