Jika Sudah Melaksanakan Salat Tarawih dan Witir, Bisakah Menunaikan Salat Tahajud?

Salat tahajud, atau yang sering disebut salat lail, merupakan ibadah sunah yang dilakukan pada malam hari setelah salat isya.

Secara prinsip, salat tahajud dan salat tarawih memiliki kesamaan. Keduanya merupakan salat sunah malam yang diwujudkan setelah salat isya. Singkatnya, salat tarawih adalah salat lail yang dilaksanakan di bulan Ramadan.

Hadis dari Abu Salamah bin โ€˜Abdur Rahman memberikan gambaran tentang praktik Salat Nabi Muhammad saw pada bulan Ramadan:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ูƒูŽูŠู’ููŽ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฒููŠุฏู ูููŠ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ูููŠ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽ ุฑูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ููŽู„ูŽุง ุชูŽุณู’ุฃูŽู„ู’ ุนูŽู†ู’ ุญูุณู’ู†ูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุทููˆู„ูู‡ูู†ูŽู‘ ุซูู…ูŽู‘ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู‹ุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽุณู’ุฃูŽู„ู’ ุนูŽู†ู’ ุญูุณู’ู†ูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุทููˆู„ูู‡ูู†ูŽู‘ ุซูู…ูŽู‘ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠ ุซูŽู„ูŽุงุซู‹ุง

“Dari Abu Salamah bin โ€˜Abdur Rahman (diriwayatkan) bahwa dia bertanya kepada โ€˜Aisyah r.a.: Bagaimana tata cara salat Nabi saw pada bulan Ramadan? โ€˜Aisyah r.a. menjawab: Beliau salat (sunah qiyamulโ€“lail) pada bulan Ramadan dan bulan-bulan lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat. Beliau salat empat rakaat, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya, kemudian beliau salat lagi empat rakaat, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya kemudian beliau salat tiga rakaat.” (H.R. al-Bukhari Nomor 3304).

Berdasarkan hadis di atas, Nabi saw melaksanakan salat sunah qiyamul lail pada bulan Ramadan dan bulan-bulan lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat.

Pola salat tersebut terdiri dari empat rakaat, diikuti empat rakaat lagi, dan diakhiri dengan witir tiga rakaat.

Dengan demikian, rakaat Salat malam tidak pernah melebihi sebelas rakaat, baik di dalam maupun di luar Ramadan.

Mengutip hadis yang lain, โ€˜Aisyah juga mencatat bahwa Rasulullah saw melaksanakan salat malam antara isya dan subuh sebanyak sebelas rakaat.

Beliau mengucapkan salam pada setiap dua rakaat, menciptakan formasi salat yang terdiri dari sepuluh rakaat, dan diakhiri dengan witir satu rakaat.

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠ ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ููŽุฌู’ุฑู ุฅูุญู’ุฏูŽู‰ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ูŠูุณูŽู„ูู‘ู…ู ูููŠ ูƒูู„ูู‘ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽูŠููˆุชูุฑู ุจููˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู

“Dari โ€˜Aisyah (diriwayatkan) ia berkata: Rasulullah saw melakukan salat antara Isyak dan Subuh sebanyak sebelas rakaat. Beliau mengucapkan salam pada setiap dua rakaat dan melakukan witir dengan satu rakaat [H.R ad-Darimi Nomor 1538].

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini