UM Surabaya

Anak Tokoh Masyumi

Kiai Nadjih Ihsan, ulama dan juga personalia Majelis Tabligh PWM Jatim, mengaku sangat kehilangan sosok ulama yang santun dan menjunjung akhlak mulia.

“Yang saya kenal, beliau (Kiai Anas Adnan Noer) adalah putra Kiai Adnan Nur dari Blimbing, Paciran, Lamongan,” ungkapnya.

Kata Nadjih, Kiai Adnan Nur adalah tokoh Masyumi yang kemudian aktif di Dewan Dakwah Islam (DDI) pimpinan Mohammad Natsir.

Menurut Kiai Nadjih, Kiai Anas sangat fasih dalam bahasa Arab dan tulisan-tulisan dalam bahasa Arab sangat bermakna sekali.

“Beliau (Kiai Anas Adnan Noer) menulis kitab tarjim Alquran sistem 25 jam,” kata Kiai Nadjih.

“Allah Subhanahu wa Ta’ala menguji beliau dengan sakit yang cukup lama, selama kurang lebih 5 tahun. Inshaa Allah almarhum husnul khotimah,” imbuh dia.

Wakil Ketua PWM Jatim Dr. Sholihin Fanani mengucapkan belasungkawa atasnya wafatnya Kiai Anas Adnan.

“Semoga Allah menerima semua amal ibadahnya, mengampuni semua kesalahannya, diberikan tempat terindah disisi-Nya, keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan, kesabaran dan kita semua diberikan kekuatan untuk melanjutkan perjuangan beliau,” tutur dia.

Sholihin mengaku sangat kehilangan Kiai Anas lantaran beliau sebagai seorang ulama, cendekiawan yang sangat bersahaja dan berwibawa.

Kata Sholihin, Kiai Anas adalah seorang yang sangat ahli dalam bidang bahasa Arab dan tafsir atau istilah sekarang adalah pakarnya. Banyak karyanya tentang metode pengajaran bahasa Arab yang sangat mudah dan indah.

Sholihin menuturkan, Kiai Anas itu seorang ilmuwan yang sangat terbuka dan tidak pelit dengan ilmu.

“Bahkan ketika terbaring sakit pun masih bisa menulis buku dibantu istrinya. Jadi beliau yang mempunyai pemikiran-pemikiran atau ide-ide disampaikan kepada istrinya dan istrinya yang mengetik,” ungkap Sholihin.

Dia berharap berharap semangat Kiai Anas bisa diwarisi oleh anak cucu dan generasi berikutnya.

“Kami betul-betul kami merasa kehilangan seorang ulama yang cendekiwan yang bersahaja,” pungkas Sholihin. (afifun nidlom)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini