UM Surabaya

Pelayanan yang baik juga terlihat saat sebelum berangkat, di mana jemaah haji diarahkan untuk memahami prosedur sebelum berangkat ke bandara.

Hal yang berbeda, pemeriksaan dokumen dilakukan di asrama haji. Petugas imigrasi Saudi datang langsung ke asrama haji untuk melakukan serangkaian pemeriksaan dokumen pribadi jamaah haji. Dengan cara ini, jamaah haji tidak perlu lagi diperiksa saat tiba di bandara Saudi Arabia.

Lebih istimewa lagi, begitu turun pesawat, bisa bandara sudah siap mengangkut seluruh jemaah haji keluar bandara untuk diantar ke bis yang siap mengantar ke hotel di sekitar tanah Haram (Makkah).

Begitu datang ke hotel, pihak hotel.sudah menyambut kedatangan tamu Allah dengan sambutan luar biasa. Pihak hotel menyambut tamu Allah ini dengan minuman khas Saudi dan disusul dengan makanan dan minuman ringan dengan lagu gambus yang cukup meriah.

Kualitas kamar hotel dengan berbagai fasilitasnya sangat mendukung proses pembersihan diri dan istirahat jamaah haji.

Humanitas Jemaah

Humanitas jamaah haji sangat terlihat sejak masuk asrama haji. Mereka menyapa seperti saudara saat ketemu. Terlebih lagi saat berada di tanah suci. Mereka sangat kompak dan saling membantu.

Bertemu pertama kali tapi seperti sudah kenal sebelumnya. Saat di Tanah Suci kebersamaan sangat terlihat. Senyum, sapa, dan jabat tangan menjadi pemandangan baru.

Saling tolong dan memudahkan urusan sesama jamaah haji terlihat. Saling memberi makanan dan membantu yang mengalami kesukitas, khususnya mereka yang berusia lanjut.

Kebersamaan itu terlihat semakin bagus ketika bis sholawat, yang melayani antar jemput ke Masjidil Haram siap 24 jam.

Proses pulang pergi satu bis menjadi sarana membangun keakraban. Makan tiga kali dan saling bantu antar makanan ke kamar hotel semakin menambah keakraban.

Di sekitar Masjidil Haram sendiri terlihat suasana keakraban, di mana ada stan-stan yang memberi layanan gratis, seperti kopi, kurma atau buah kepada jamaah haji yang lewat.

Di dalam masjid sendiri terdapat pelayanan dari pengelola Masjidil Haram yang cepat dan tanggap dalam memperlancar dan mempermudah ritual salat berjemaah di masjid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini