Pusat Baitut Tamwil Muhammadiyah Jawa Timur Gagas Berdirinya Apex Syariah
Rapat koordinasi focus discussion Group BTM Primer di seluruh Jawa Timur.

Pusat BTM Jawa Timur yang merupakan koperasi sekunder kumpulan dari BTM – BTM Primer di seluruh Jawa Timur langsung mengadakan  koordinasi sebagai penguatan jaringan. Hal ini menindaklanjuti hasil rapat kerja Induk Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) pada 20 – 21 Januari 2024 di Yogyakarta,

Rapat koordinasi dilanjutkan dengan Focus Discussion Group (FGD) yang diselenggarakan oleh Induk BTM bersama Pusat BTM Jawa Timur di Hall Baskara BTM Surya Madinah – Tulungagung Jawa Timur, Kamis (29/05/2024).

Hal ini tak lepas berbagai dinamika pengembanngan internal BTM di Jawa Timur dan eksternal terutama adanya regulasi microfinance baru serta menyikapi dampak terjadinya kegagalan koperasi syariah lainya akibat adanya fraud dan krisis likuiditas.

Ketua Pusat BTM Jawa Timur Agus Lukman Hidayat menjelaskan, kondisi krisis likuiditas perlu disikapi dengan cara penguatan tata kelola manajemen, standarisasi operasional prosedur (SOP), terjaganya likuiditas yang sehat dan kepatuhan yang kuat.

“Maka dengan banyaknya jumlah microfinance Muhammadiyah bernama BTM yang hampir nyaris ada di setiap kabupaten di provinsi Jawa Timur harus ditata ulang dengan baik. Sehigga  peran dari Pusat BTM Jawa Timur  mampu menjadi APEX BTM yang memiliki peran strategis dalam kemandirian microfinance Muhammadiyah,” kata Agus.

Dengan kehadiran Pusat BTM Jawa Timur sebagai APEX Syariah—maka akan meniru apa yang telah dilakukan oleh Pusat BTM Jawa Tengah. Dimana perannya selama ini adalah lender of last resort sebagai penyedia likuiditas, supervisi pengawasan, regulasi, pengembagan sumber daya insani dan integrasi IT.

Keberadaan Pusat BTM sebagai APEX Syariah, kata Ketua Induk BTM; Achmad Su’ud akan menjadikan kemandirian BTM semakin kuat, mampu mengimplementasikan bisnis jejaring secara closed loop economy Muhammadiyah dan menjauhkan BTM primer dari krisis likuiditas.

Untuk itu ia berharap dengan adanya rapat koordinasi & FGD BTM se Jawa Timur peran dari Pusat BTM segera diwujudkan.

“Insyaallah kami dari Induk BTM akan setia  membantu dalam pendampingan kepada Pusat BTM Jawa Tengah dan berharap pertemuan ini terus berlanjut agar jaringan BTM Jawa Timur paham, betapa strategis BTM dalam mendorong pengembangan ekonomi di Persyarikatan,” imbuhnya.

KB Bukopin Syariah Mendukung

Sementara Pimpinan Cabang Surabaya Bank KB Bukopin Syariah (BS) Andika Pradytia Darmawan—mengapresiasi terbentuknya Pusat BTM Jawa Timur sebagai koperasi sekunder dan sekaligus APEX Syariah. Hal ini menurutnya—jarang sekali di Jawa Timur ada koperasi syariah yang berperan sebagai APEX Syariah.

Mengapa APEX Syariah koperasi itu penting,  hal ini tak lepas dari tantangan umum yang selama ini dihadapi  oleh koperasi. Pertama, koperasi tidak masuk ke dalam sistem keuangan formal di Indonesia. Kedua, risiko yang dihadapi koperasi identik dengan lembaga keuangan. Ketiga, belum terstandarisasi seperti SOP, IT, akuntansi, GRC (Governance Risk & Compliance).

“Dengan hadirnya koperasi dalam mendirikan APEX seperti Pusat BTM Jawa Timur maka ada lembaga yang berperan sebagai mengayomi koperasi yang memberikan dukungan seperti likuiditas, supervisi, regulasi dan lain – lain,” ujarnya.

Untuk menguatkan peran fungsi APEX Syariah di Pusat BTM Jawa Timur, Andika mengaku Bank KB Bukopin Syariah siap untuk  berkolaborasi dengan segala pelayanan dan fasilitas yang dimilikinya di Jawa Timur. (mc/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini