Aisyiyah Tuban Rilis Program Pelopor dan Pelapor Nasional
Perayaan Milad ke-107 'Aisyoyah di Tuban. foto: iwan abdul gani

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Tuban menggelar acara perayaan puncak Milad ke-107 ‘Aisyiyah di Pantai Semilir, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Ahad (30/6/2024).

Acara yang menjadi ini dihadiri oleh masyarakat setempat serta tamu undangan yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan.

Dalam kesempatan tersebut, PDA Kabupaten Tuban memperkenalkan Program Pelopor dan Pelapor Nasional.

Program ini merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif anggota ‘Aisyiyah dalam mengedukasi dan mendampingi anak-anak maupun remaja.

Sekretaris PDA Kabupaten Tuban Ummi Rosyidah mengungkapkan, anak merupakan generasi penerus yang potensial sehingga harus dipenuhi hak-haknya agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menurut dia, hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin dan dilindungi.

“Orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara harus berperan aktif dalam memenuhi hak anak,” ujar Ummi.

Dia lalu menjelaskan, pelopor merupakan agen perubahan yang terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, dan menginspirasi orang lain sehingga banyak yang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi.

Lanjutkan, Pelapor berarti terlibat aktif menyampaikan pendapat penemuan permasalahan sosial yang didapatinya.

“Jadi ketika mengalami, melihat atau merasakan tindakan yang melanggar hak asasi manusia, dia berkewajiban untuk melaporkannya kepada badan yang menangani permasalahan tersebut,” papar Ummi.

Sementara itu, Dina Sholikhah, duta Pelopor dan Pelapor Nasional yang baru dikukuhkan, berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang positif.

“Sebagai duta, kita memiliki kewajiban untuk melaporkan tindakan teman yang merugikan orang seperti mem-bully dan lain sebagainya kepada pihak yang bisa menyelesaikan masalah itu tadi,” ujarnya.

Dina berharap melalui Program Pelopor dan Pelapor Nasional ini, ia mampu menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya teman-teman sebayanya. (iwan abdul gani)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini