Islam Agama Pendidikan
foto: medium

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S. Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang.

“The main goal of education is to change darkness into light”
(Tujuan utama dari pendidikan adalah mengubah kegelapan menjadi sebuah cahaya) ”

Islam adalah agama yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dalam Islam bukan hanya sekedar pembelajaran akademik, namun juga pembentukan karakter yang baik dan pengembangan keterampilan sosial.

Sebagaimana dalam firman-Nya:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ(١) خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ(٢) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ(٣) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ(٤) عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ(٥)

“1.Bacalah dengan Nama Rabb-mu (dengan ilmu yang menyusun keberadaanmu) yang menciptakan. 2. Yang menciptakan manusia dari ‘alaq (secuil darah; komposisi genetika). 3. Bacalah! Karena Rabb-mu itu Akram (Maha Pemurah). 4. Yang mengajar (memrogram gen-gen dan fitur-fitur esensial) dengan Pena. 5. Mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.”(Qs. Al-Alaq:1-5)

Ayat di atas mengajarkan pentingnya membaca dan mengajar dalam Islam. Tidak hanya itu, ayat di atas juga menekankan bahwa Allah SWT adalah sumber kreativitas dan kebijaksanaan dalam menciptakan manusia serta memberikan ajaran melalui kalam.

Oleh karena itu, dalam Islam pendidikan bukanlah sekedar peningkatan kualitas atau sertifikasi akademik, melainkan juga berkontribusi pada pedagogi spiritual dan peningkatan akhlak.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini