Meningkatkan Kepedulian Sesama Muslim
foto: reuters

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S. Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Having wealth and knowledge, if you only enjoy it yourself, doesn’t mean much. Sharing is the highest way to be grateful for the blessings He has given you.”

(Punya harta dan ilmu jika hanya dinikmati sendiri, tidak banyak berarti. Berbagi adalah cara bersyukur tertinggi atas nikmat yang diberi-Nya)

Meningkatkan kepedulian sesama muslim adalah salah satu tindakan mulia dalam agama Islam. Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat:10)

Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan kekeluargaan dan kebersamaan di antara sesama muslim.

Meningkatkan kepedulian sesama muslim dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, mengunjungi mereka yang sakit atau sedang berduka, berbagi ilmu dan informasi yang bermanfaat, dan juga dengan memberikan dukungan moral dan motivasi.

Selain itu, dalam hadis riwayat Bukhari, Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, khadim (pembantu) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Nabi saw, beliau berkata:

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya.” (HR. Bukhari No.13)

Hadis ini menunjukkan bahwa cinta sesama muslim seharusnya menjadi bagian dari keimanan seseorang.

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai umat muslim untuk meningkatkan kepedulian dan rasa persaudaraan di antara sesama muslim, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Melalui tindakan positif ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan harmonis di antara sesama muslim, dan juga mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini