UM Surabaya

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

{ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ูŠูŽุตู’ุฏูุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฃูŽุดู’ุชูŽุงุชู‹ุง}

“Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam.” (Az-Zalzalah: 6)

Mereka kembali dari mauqif hisab (tempat penghisaban) dalam keadaan bercerai-berai dan bermacam-macam, ada yang celaka dan ada yang berbahagia. Para malaikat diperintahkan untuk membawa mereka yang berbahagia ke dalam surga, dan membawa mereka yang celaka ke dalam neraka.

Menurut Ibnu Juraij, mereka bercerai-berai terpisah-pisah dan tidak dapat berkumpul sama sekali.

As-Saddi mengatakan bahwa makna asytatan ialah bergolong-golongan.

Firman Allah (Subhanahu wa Ta’ala).:

{ู„ููŠูุฑูŽูˆู’ุง ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูŽู‡ูู…ู’}

“Supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.” (Az-Zalzalah: 6)

Yaitu agar mereka mengetahui dan mendapat balasan dari apa yang telah mereka perbuat di dunia, yang baiknya dan yang buruknya. Karena itulah disebutkan dalam firman berikutnya:

{ููŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุดูŽุฑู‘ู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู}

Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Az-Zalzalah: 7-8)

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุจูุฎูŽุงุฑููŠู‘ู: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฅูุณู’ู…ูŽุงุนููŠู„ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ููŠ ู…ูŽุงู„ููƒูŒ ุนูŽู†ู’ ุฒูŽูŠู’ุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุตูŽุงู„ูุญู ุงู„ุณู‘ูŽู…ุงู† ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠุฑุฉ: ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ู„ู ู„ูุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู: ู„ูุฑูŽุฌูู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูŒุŒ ูˆูŽู„ูุฑูŽุฌูู„ู ุณูุชู’ุฑูŒุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุฌูู„ู ูˆูุฒู’ุฑูŒุ› ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฌู’ุฑูŒุŒ ููŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฑูŽุจูŽุทูŽู‡ูŽุง ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽุฃูŽุทูŽุงู„ูŽ ุทูŽูŠู„ู‡ุง ูููŠ ู…ูŽุฑู’ุฌู ุฃูŽูˆู’ ุฑูŽูˆู’ุถูŽุฉูุŒ ููŽู…ูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽุชู’ ูููŠ ุทููŠูŽู„ูู‡ูŽุง ุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฌู ูˆูŽุงู„ุฑู‘ูŽูˆู’ุถูŽุฉู ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชูŒุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุทูŽุนูŽุชู’ ุทููŠูŽู„ูŽู‡ูŽุง ูุงุณุชู†ู‘ูŽุช ุดูŽุฑูŽูุง ุฃูˆ ุดูŽุฑูŽููŽูŠู’ู†ูุŒ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุขุซูŽุงุฑูู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุฑู’ูˆูŽุงุซูู‡ูŽุง ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชู ู„ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู…ูŽุฑู‘ูŽุชู’ ุจูู†ูŽู‡ูŽุฑู ููŽุดูŽุฑูุจูŽุชู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุฑูุฏู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู‚ูŽู‰ ุจูู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชู ู„ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽู‡ููŠูŽ ู„ูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ. ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฑูŽุจูŽุทูŽู‡ูŽุง ุชูŽุบูŽู†ูŠุง ูˆูŽุชูŽุนูŽูู‘ููู‹ุงุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู†ู’ุณูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠ ุฑูู‚ูŽุงุจูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุธูู‡ููˆุฑูู‡ูŽุงุŒ ููŽู‡ููŠูŽ ู„ูŽู‡ู ุณูุชู’ุฑูŒ. ูˆูŽุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฑูŽุจูŽุทูŽู‡ูŽุง ููŽุฎู’ุฑู‹ุง ูˆูŽุฑูุฆูŽุงุกู‹ ูˆูŽู†ููˆูŽุงุกู‹ุŒ ููŽู‡ููŠูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูุฒู’ุฑูŒ”. ูุณูุฆู„ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ุญูู…ูุฑุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: “ู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูููŠู‡ูŽุง ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ุขูŠูŽุฉูŽ ุงู„ู’ููŽุงุฐู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู…ูุนูŽุฉูŽ: {ููŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุดูŽุฑู‘ู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู}

“Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu Abdullah, telah menceritakan kepadaku Malik, dari Zaid ibnu Aslam, dari Abu Saleh As-Samman, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: Kuda itu bagi tiga macam orang lelaki; yaitu bagi seseorang menghasilkan pahala, dan bagi seseorang yang lain menjadi penutup; dan bagi seorang yang lainnya lagi menghasilkan dosa. Adapun orang yang mendapatkan pahala dari kudanya ialah seorang lelaki yang menambatkan kudanya di jalan Allah, lalu kuda itu diikat di padang rumput atau di taman. Maka apa yang dimakannya sepanjang tali penambatnya di padang rumput atau taman itu akan menjadi pahala kebaikan bagi pemiliknya. Dan sekiranya kudanya itu memutuskan tali penambatnya, lalu berlari sejauh satu syaraf atau dua syaraf, maka semua jejaknya dan tahi kotoran yang dikeluarkannya menjadi pahala kebaikan bagi pemiliknya. Dan sekiranya kudanya itu melalui sebuah sungai (mata air), lalu minum air darinya, padahal pemiliknya tidak menginginkan kudanya itu minum, maka hal itu akan menjadi pahala baginya. Dan semuanya itu akan membawa pahala bagi lelaki yang memilikinya. Dan seorang lelaki yang menambatkannya dengan niat untuk mencukupi kebutuhannya sendiri dan menjaga kehormatannya (agar tidak minta tumpangan dari orang lain), sedangkan ia tidak melupakan hak Allah yang ada pada leher kudanya dan tidak pula pada punggungnya, maka kudanya itu menjadi penutup baginya. Dan seorang lelaki yang menambatkannya karena berbangga diri, pamer, dan ingin terkenal, maka kudanya itu akan membawa dosa baginya. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam Ditanya tentang keledai, maka beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menurunkan sesuatu pun mengenainya kecuali hanya ayat yang tegas lagi mencakup ini, yaitu firman-Nya: Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (Az-Zalzalah: 7-8)

Imam Muslim meriwayatkannya melalui hadis Zaid ibnu Aslam dengan sanad yang sama.

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุฅูู…ูŽุงู…ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุฒููŠุฏู ุจู’ู†ู ู‡ูŽุงุฑููˆู†ูŽุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฌูŽุฑููŠุฑู ุจู’ู†ู ุญูŽุงุฒูู…ูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูุŒ ุนูŽู†ู’ ุตูŽุนู’ุตูŽุนูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ู…ูุนูŽุงูˆููŠูŽุฉูŽ -ุนูŽู…ู‘ู ุงู„ู’ููŽุฑูŽุฒู’ุฏูŽู‚ู-: ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุชูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู: {ููŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุดูŽุฑู‘ู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู} ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุณู’ุจููŠ! ู„ูŽุง ุฃูุจูŽุงู„ููŠ ุฃูŽู„ู‘ูŽุง ุฃูŽุณู’ู…ูŽุนูŽ ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ูŽุง

“Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yazid ibnu Harun, telah menceritakan kepada kami Jarir ibnu Hazim, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan, dari Sa’sa’ah ibnu Mu’awiyah pamannya Farazdaq, bahwa ia datang menghadap kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam., maka beliau (shallallahu ‘alaihi wasallam) membacakan kepadanya firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Az-Zalzalah: 7-8) Lalu ia berkata, “Sudah cukup bagiku ayat ini, aku tidak peduli bila tidak mendengarkan yang lainnya.”

Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Nasai di dalam kitab tafsir, dari Ibrahim ibnu Muhammad ibnu Yunus Al-Mu-addib, dari ayahnya, dari Jarir ibnu Hazim, dari Al-Hasan Al-Basri yang mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Sa’sa’ah pamannya Farazdaq, kemudian disebutkan hal yang semisal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini