Bertobat sebelum Ajal Menjemput
foto: pinterest
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Repent before it’s too late because your death will not wait for your repentance.”
(Bertobatlah sebelum terlambat karena ajalmu tidak menunggu tobatmu)

Bertobat sebelum ajal menjemput adalah sebuah konsep yang penting dalam Islam. Hal ini merujuk pada pentingnya mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada Allah sebelum kita menghadapi ajal yang tak terduga.

Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya.”(Qs.At Tahriim: 8)

Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah, dalam Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir menjelaskan bahwa taubat nasuha adalah tobat yang tulus ikhlas. Yaitu dengan penyesalan dalam hati atas dosa yang telah dilakukan, memohon ampun dengan lisan, menjauhi dosa itu dengan badan, dan bertekat untuk tidak mengulanginya lagi.

Hadis juga menguatkan bahwa bertobat sebelum ajal menjemput sangat penting. Dari hadis Ibnu ‘Umar, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ

“Sesungguhnya Allah menerima tobat hamba selama nyawa belum sampai di tenggorokan.” (HR. Tirmidzi No. 3537 dan Ibnu Majah No. 4253)

Syarat agar tobat seseorang itu diterima, maka dia harus memenuhi tiga hal, yaitu: menyesal, berhenti dari dosa, dan bertekad untuk tidak mengulanginya.

Para ulama juga menekankan pentingnya bertobat sebelum ajal. Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa “kesempatan untuk bertobat hanya akan datang sekali”, sehingga kita harus mengambil kesempatan ini untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah.

Melihat hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sangat penting bagi kita sebagai umat muslim untuk menyesali perbuatan dan segera melakukan tobat.

Karena pintu maaf Allah SWT akan sangat terbuka dengan lebar bagi kita yang ingin bertobat dengan sungguh-sungguh. Jadi, bertobatlah sebelum semuanya terlambat.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini