Tim Ahli Jahanam
UM Surabaya

*) Oleh: Muhammad Nashihudin, MSi
Ketua Majelis Tabligh PDM Jakarta Timur

Tim atau kelompok manusia yang telah ditetapkan sebagai ahli neraka jahanam ini merupakan orang orang yang penuh dosa dan sulit untuk disadarkan kembali pada jalan yang benar.

Biarkanlah orang orang yang ingkar hidup mereka di dunia bergelimang harta dan gula gula dunia yang semu.

Ternyata sebelum mereka dikirim ke pintu jahanam terjadi dialog interaktif antara para penjaga pintu neraka jahanam dengan para malaikat. Pintu-nya masih tertutup rapat karena bila dibuka langsung hangus terbakar.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اِلٰى جَهَنَّمَ زُمَرًا ۗ حَتّٰۤى اِذَا جَآءُوْهَا فُتِحَتْ اَبْوَا بُهَا وَقَا لَ لَهُمْ خَزَنَـتُهَاۤ اَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنْكُمْ يَتْلُوْنَ عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ رَبِّكُمْ وَيُنْذِرُوْنَـكُمْ لِقَآءَ يَوْمِكُمْ هٰذَا ۗ قَا لُوْا بَلٰى وَلٰـكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَا بِ عَلَى الْكٰفِرِيْنَ

Orang-orang yang kafir digiring ke neraka Jahanam secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (neraka) pintu-pintunya dibukakan dan penjaga-penjaga berkata kepada mereka, “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul dari kalangan kamu yang membacakan ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan (dengan) harimu ini?” Mereka menjawab, “Benar, ada,” tetapi ketetapan azab pasti berlaku terhadap orang-orang kafir.

قِيْلَ ادْخُلُوْۤا اَبْوَا بَ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۚ فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِيْنَ

Dikatakan (kepada mereka), “Masukilah pintu-pintu Neraka Jahanam itu (kamu) kekal di dalamnya.” Maka (Neraka Jahanam) itulah seburuk-buruk tempat tinggal bagi orang-orang yang menyombongkan diri.”

(QS. Az-Zumar 39: Ayat 71- 72)

Adapun tim serta orang orang yang sudah ditetapkan serta divonis sebagai penghuni neraka jahanam cukup banyak, sesuai dengan informasi yang ada dalam Al Qur’an dan Al hadits agar kita tidak termasuk pada team tersebut.

  1. Neraka jahanam mempunyai tujuh pintu masuk

وَاِ نَّ جَهَـنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ اَجْمَعِيْنَ

“Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya,”

لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَا بٍ ۗ لِكُلِّ بَا بٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ

“(Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka.”

(QS. Al-Hijr 15: Ayat 43-44)

  1. Jahanam untuk para pembunuh seorang Islam

وَمَنْ يَّقْتُلْ مُؤْمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآ ؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَا لِدًا فِيْهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهٗ وَاَ عَدَّ لَهٗ عَذَا بًا عَظِيْمًا

“Dan barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah Neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.”

(QS. An-Nisa’ 4: Ayat! 92

  1. Orang orang kafir dan musyrik tempatnya di neraka jahanam*

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَ الْمُشْرِكِيْنَ فِيْ نَا رِ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا ۗ اُولٰٓئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

“Sungguh, orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke Neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah sejahat-jahat makhluk.”

(QS. Al-Bayyinah 98: Ayat 6)

  1. Orang orang yang hatinya mati untuk menerima kebenaran

وَّعَرَضْنَا جَهَـنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّـلْكٰفِرِيْنَ عَرْضًا

“dan Kami perlihatkan (Neraka) Jahanam dengan jelas pada hari itu kepada orang kafir,”

ٱلَّذِيْنَ كَا نَتْ اَعْيُنُهُمْ فِيْ غِطَآءٍ عَنْ ذِكْرِيْ وَكَا نُوْا لَا يَسْتَطِيْعُوْنَ سَمْعًا

“(yaitu) orang yang mata (hati)nya dalam keadaan tertutup (tidak mampu) dari memperhatikan tanda-tanda (kebesaran)-Ku, dan mereka tidak sanggup mendengar.”

(QS. Al-Kahf 18: Ayat 100- 101)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini