Suli Da'im (Kiri) saat memperagakan salah satu Jurus Pencak silat di Sesi Uji kenaikan Tingkat Di Yogyakarta, ( 26-29/09/24)
Suli Da'im (kiri) saat memperagakan salah satu Jurus Pencak silat di sesi Uji kenaikan Tingkat di Yogyakarta, ( 26-29/09/24).
UM Surabaya

Anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Suli Da’im resmi menyandang sabuk hitam hitam melati satu Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM). Proses panjang itu Ia lalui setelah 34 tahun berlatih menuju jenjang pendekar muda.

Kenaikan tingkat itu dilalui setelah anggota legislatif Jawa Timur dari Dapil Ponorogo itu mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) pendekar TSPM berlangsung di BPMP Yogyakarta, 26-29 September 2024. UKT pendekar ini diikuti 4 provinsi, yakni Jatim Jateng, DIY, Banten, dan perwakilan Timor Leste.

“Butuh waktu 34 tahun saya bisa mendapatkan tingkatan pendekar,” ucap politisi yang dikenal vokal mengkritisi masalah pendidikan ini, Selasa (1/10/2024)

Suli Da’im mengisahkan, tahun 1990-an ia mengawali sebagai Ketua Pimcab 19 Universitas Muhammadiya (UM) Surabaya. Ia termasuk Ketua Tapak Suci pertama di UM Surabaya.

“Syukur alhamdulillah raihan ini harus saya capai. Bagi saya ikut perguruan silat ini adalah sebagai sarana silaturrahim, hiburan, olahraga, dan untuk mempersiapkan jaga diri apalagi sebagai politisi,” tutur Suli Da’im.

“Bagi saya ikut Tapak Suci adalah sarana hiburan yang mengasyikan ketika berkumpul bersama dan belajar bersama dan bergembira bersama di tengah-tengah kesibukan dan padatnya kegiatan,” lanjutnya.

Hingga kini Suli Dai’im aktif berlatih  di Komplek Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya, komplek Perguruan Pucang, dan Perguruan Muhammadiyah Gadung Surabaya. (m.roissudin)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini