Optimalisasi Ibadah Terhadap Keluarga
UM Surabaya

*) Oleh: Masro’in Assafani
Wakil Ketua PDM Lamongan

Mengoptimalisasian keluarga di dalam membentuk keluarga yang rajin salat, adapun rizeki adalah hak prerogatif Allah Swt.

📗 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِا لصَّلٰوةِ وَا صْطَبِرْ عَلَيْهَا ۗ لَا نَسْــئَلُكَ رِزْقًا ۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَا لْعَا قِبَةُ لِلتَّقْوٰى

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.”
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 132)

📚 Kandungan Ayat

1. Perintah salat dan sabar; “Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya.
2. Rezeqi hak Allah; “Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu.
3. Akibat orang yang bertaqwa; “Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.

🔮 Ibrah yaitu pelajaran yang bisa dipetik;

Hamka dalam tafsirnya;
Di dalam ayat-ayat yang telah tersebut ini Allah memberikan bimbingan yang jelas sekali kepada Nabi SAW, beliau diberi pedoman untuk berjuang ;

(l) Beliau disuruh sabar, tabah menghadapi atau mendengar percakapan orang-orang yang membencinya.
(2) Beliau disuruh taat mengerjakan sembahyang pada waktu-waktu yang ditentukan, terutama sembahyang lima waktu, diikuti pula dengan yang nawafil, dhuha di siang hari dan tahajjud di malam hari.
(3) Jangan kedua belah matanya terpesona melihat kelebihan yang diberikan Tuhan kepada mereka itu. Sebab semuanya itu hanya perhiasan hidup dunia. Rezeki yang halal yang dijaminkan oleh Tuhan jauh lebih baik dan jauh lebih kekal.
(4) Ajak kaum keluarga supaya turut mengerjakan sembahyang, agar mereka pun merasakan pula nikmat Iman dan takwa. Sebab akibat terakhir, kemenangan jiwa yang gilang-gemilang, sesudah menempuh berbagai rintangan dan kesulitan hidup, tidak lain hanya satu tujuan; TAKWA!

🖍️ Catatan

1. Kebahagian itu diantaranya, di dalam keluarga terbangun spiritual ibadah, utamanya salat 5 waktu.
2. Bila salat dilupakan dalam sebuah keluarga, maka keluarga tersebut akan jauh dari keberkahan.

💍 Hikmah

Salat bekal hidup selamat, menumbuhkan keberkahan dan kebahagiaan.

🤲 Do”a

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ – رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلـِوَا لِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَا بُ
“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” “Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu-bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).” QS. Ibrahim 14: 40, 41.

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini