KPPU Perkuat Kerja Sama dengan Umsida, Fasilitasi Mahasiswa dalam Riset dan Magang
Perwakilan KPPU mengunjungi Umsida. foto: umsida
UM Surabaya

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah IV melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pada Jumat, (25/10/2024).

Kegiatan ini untuk menjalin kerja sama dengan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) serta Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Kunjungan yang berlangsung di ruang rapat Kampus 1 Umsida ini dihadiri oleh delegasi KPPU dan jajaran pimpinan Umsida dari kedua fakultas tersebut.

KPPU, sebagai lembaga independen yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan UU No 5 Tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, berperan dalam pencegahan dan penegakan hukum, serta memberikan saran kebijakan kepada pemerintah.

Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy R. Sutrisno, menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan membangun kerja sama yang dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa dan dosen Umsida.

“Nantinya, kerja sama ini bisa memberi kesempatan magang bagi mahasiswa serta melibatkan para dosen ahli untuk mendukung peran KPPU di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” ujar Dendy.

Ia menambahkan bahwa program magang ini akan memberi pengalaman langsung kepada mahasiswa, di mana KPPU membuka hingga 12 batch untuk mahasiswa S1 yang sedang menempuh perkuliahan.

Selain program magang, KPPU juga menawarkan fasilitas publikasi ilmiah di Sinta 2 yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk memenuhi syarat kelulusan.

“Dengan begini, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengalaman kerja, tapi juga akses terhadap publikasi ilmiah,” jelas Dendy.

Wakil Rektor III Umsida Dr. Nurdyansyah, M.Pd., menyambut baik inisiatif ini. Kerja sama dengan KPPU ini memberikan peluang besar bagi mahasiswa FST dan FBHIS untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menghadapi tantangan ekonomi dan persaingan usaha yang terus berkembang di era digital.

“Kami juga mendukung permintaan tenaga ahli dari kalangan dosen untuk membantu tugas KPPU,” ungkapnya.

Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas mahasiswa Umsida, tidak hanya dalam konteks akademik, tetapi juga melalui pengalaman lapangan di bidang persaingan usaha dan kebijakan ekonomi yang adil bagi pelaku usaha di Indonesia. (romadhona s)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini