Penyeru Kebaikan yang Dilempar ke Neraka
Ilustrasi: troid.org

فَيَقُولُونَ يَا فُلَانُ مَا لَكَ أَلَمْ تَكُنْ تَأْمُرُ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَى عَنْ الْمُنْكَرِ فَيَقُولُ بَلَى قَدْ كُنْتُ آمُرُ بِالْمَعْرُوفِ وَلَا آتِيهِ وَأَنْهَى عَنْ الْمُنْكَرِ وَآتِيهِ

“Seseorang didatangkan pada Hari Kiamat kemudian dilemparkan ke neraka hingga ususnya terburai keluar dan berputar-putar di neraka seperti keledai memutarkan alat penumbuk gandumnya.

Kemudian penghuni neraka berkumpul di sekelilingnya seraya bertanya: ‘Wahai Fulan! Kenapa kamu begini?

Bukankah dulu kamu menyuruh supaya melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran?

Lalu dia menjawab: “Benar, dulu saya memerintahkan agar melakukan kebaikan tapi saya tidak melakukannya dan saya melarang kemungkaran tapi saya melakukannya.” (HR Muslim 5305)

Kandungan Hadis:

1. Tugas setiap muslim untuk mengajak orang lain melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Karena sesama muslim kita diwajibkan untuk selalu saling mengingatkan satu sama lain untuk selalu berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan.

2. Ajakan kepada orang akan produktif dan efektif bila di dahului dengan keteladanan. Maksudnya kita mengajak satu sama lain untuk selalu produktif dan efektif dengan mencontoh teladan Rasulullah Muhammad SAW.

3. Rasulullah mengecam kepada orang yang hanya mengajak orang lain berbuat kebaikan dan menjauhi mungkar namun dia sendiri tidak melakukannya.

Bahkan mereka akan dilemparkan ke neraka hingga ususnya terburai keluar, betapa mengerikannya profesi orang yang hanya menjadi sebatas makelar.

Di sini dikatakan Rasulullah sangat membenci orang yang menyerukan untuk berbuat kebaikan sedangkan ia sendiri tidak melakukannya.

4. Allah SWT sangat membenci orang yang munafik, di mana dia menyuruh orang lain melakukan suatu kebaikan dan menjauhi hal laknat, sedangkan ia sendiri tidak melakukan hal kebaikan dan sering melakukan hal yang di larang oleh Allah SWT.

Allah SWT mengingatkan kepada setiap orang beriman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفۡعَلُونَ ٢ كَبُرَ مَقۡتًا عِندَ ٱللَّهِ أَن تَقُولُواْ مَا لَا تَفۡعَلُونَ ٣

“Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan apa yang kamu tidak melakukannya! Amat besar kemurkaan di sisi Allah Subhanahu wata’ala ketika kamu hanya mengatakan sesuatu yang kamu tidak melakukannya.(As-Soff: 2-3). (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini