Jenderal Soedirman Dikukuhkan sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan
Jenderal Soedirman. foto: ist

Panglima Besar Jenderal Soedirman bakal dikukuhkan sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan. Pengukuhan tersebut akan dilakukan di Muktamar ke-4 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang digelar pada 26-29 Juli 2023.

Ketua Umum Kwartir Pusat Hizbul Wathan Endra Widyarsono menegatakan, pengukuhan ini tidak terlepas dari kiprah Jenderal Sudirman terhadap gerakan kepanduan HW.

Kata dia, Soedirman muda telah mendapat pelatihan dan tempaan yang mengasah kedisiplinan, hingga keuletannya, melalui gerakan kepanduan Muhammadiyah ini.

“Kami ingin Soedirman bukan saja dikenal sebagai Bapak TNI, namun juga Bapak Pandu Hizbul Wathan. Apalagi, Sudirman lahir dari rahim persyarikatan Muhammadiyah,” ujarnya, dalam jumpa media di Madrasah Muallimat, Kota Yogyakarta, Senin (24/7/2023).

Perjalanan panjang Jenderal Sudirman sebagai pemimpin gerilyawan perjuangan kemerdekaan tanah air juga telah dikenal oleh bangsa Indonesia. Jenderal Soedirman bahkan menjadi ikon bagi Tentara Nasional Indonesia.

Oleh sebab itu, pengukuhan Jenderal Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan, menurut pihaknya karena ingin merawat sejarah ketokohan sosok beliau.

“Sudirman selalu salat di awal waktu. Kemudian, segala sesuatu yang dilakukan adalah semata-mata untuk Allah. Sehingga, banyak keteladanan yang bisa diambil dari sosok Sudirman ini,” ujar dia.

“Sesuai rencana, pengukuhan Jenderal Soedirman sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan akan dilakukan oleh PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah, di sela pembukaan Muktamar nanti, ya,” beber Endra.

Ia menjelaskan, tema yang diusung dalam muktamar adalah “Menggerakkan Sumber Daya Membangun Kader Utama”.

Menurutnya, tema itu sesuai dengan harapan PP Muhammadiyah, yang mendorong Hizbul Wathan sebagai salah satu organisasi otonomnya, untuk menjawab ragam tantangan perubahan zaman.

“Jadi, kami menitikberatkan tema sumber daya dan lebih melibatkan generasi muda, milenial, untuk ambil bagian di Hizbul Wathan, karena kita bersama akan menghadapi era disruption,” cetusnya. (*/wh)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini