Angklung SD Musix Gadung Pukau Peserta Rakerwil Majelis Tabligh
Penampilan parade angklung SD Musix Gadung. foto: abdul wahab

Penampilan parade angklung dari SD Muhammadiyah 6 (Musix) Gadung Surabaya ikut memeriahkan acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) 1 Majelis Tabligh PWM Jatim yang dilaksanakan di Aula KH Mas Mansur PWM Jatim, Sabtu (19/8/23).

“Ini penampilan kami yang pertama untuk Majelis Tabligh (MT) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Rasanya luar biasa, karena pada event rakerwil. Tapi untuk kegiatan lain, anak-anak sudah biasa tampil di berbagai acara. Yang terakhir, kita diundang Wawali Kota Surabaya,” ujar Basirun, pembina Ekskul Angklung SD Musix.

Dia lalu menjelaskannya, persiapan untuk penampilan dalam kegiatan Rakerwil ke-1 Majelis Tabligh PWM Jatim ini tidak memerlukan waktu yang panjang karena mereka sudah terbiasa latihan.

“Sebenarnya kita diberikan kesempatan oleh panitia membawakan 4 lagu, namun karena keterbatasan waktu akhirnya hanya dua lagu yaitu lagu pelajar Pancasila dan beberapa instrumen sebagai pembuka,” ungkap Basiryang juga merupakan Humas SD Musix.

Dikatakannya, lagi pelajar Pancasila merupakan lagu dari bagian kurikulum merdeka belajar yang menekankan aspek kemandirian, toleransi dan kebebasan ekspresi siswa untuk menentukan pilihannya.

“Lirik Pelajar Pancasila mengajak setiap pelajar untuk memaknai kembali nilai-nilai yang terkandung dari sila-sila Pancasila dan mengamalkannya. Di samping itu, pelajar juga diajak untuk mampu mengendalikan emosi, sekaligus mengupayakan toleransi di tengah keberagaman budaya,” ulasnya.

“Di antara lirik lagu pelajar Pancasila itu seperti kita pelajar Pancasila, Kita bernafas dalam sila-silanya, Kita pelajar Pancasila, Ayo kita jaga untuk Indonesia, Bersatu dalam perbedaan berpegang tangan dan berlari,” terangnya.

Romi, siswa kelas lima SD Musix Gadung, yang menjadi bagian dari penampil parade angklung mengaku senang tampil dalam kegiatan Rakerwil 1 Majelis Tabligh PWM Jatim hari ini.

Belajar angklung sejak kelas 3, Romi terlihat mahir memainkan alat musik berbahan bambu ini dengan cermat dan cekatan. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini