Lazismu Galang Bantuan untuk Bangun Layanan Kesehatan di Maroko
Bangunan-bangunan yang runtuh akibat gempa. foto: mdmc

Muhammadiyah telah berhasil mencapai titik terisolir yang sulit dijangkau dan secara sukses membuka layanan kesehatan. Keberhasilan ini menjadi langkah penting dalam upaya penanganan pasca-gempa di Maroko.

Tim Medis Darurat (Emergency Medical Team – EMT) Muhammadiyah yang dipimpin oleh Al Afik menyaksikan kondisi yang mengkhawatirkan bagi para penyintas yang berada di pengungsian dan segera mengambil tindakan dengan membuka layanan kesehatan darurat di Desa Ighermane.

Al Afik, seorang perawat dalam tim asistensi ini, menjelaskan, pihaknya membuka layanan kesehatan darurat secara sederhana.

“Kami melakukan penilaian kondisi kesehatan sambil memberikan perawatan. Ternyata, hanya dalam waktu singkat setelah kami membuka layanan ini, kami mendapati banyak keluhan, termasuk luka-luka akibat gempa,” katanya seperti dilansir di lazismu.org, Ahad (18/9/2023).

Afik lalu mengungkapkan bahwa tim mereka akan melakukan koordinasi dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Maroko untuk melaksanakan tindakan berkelanjutan berdasarkan hasil penilaian awal yang mereka peroleh saat membuka layanan kesehatan tersebut.

Terutama mengingat fasilitas kesehatan yang berjarak cukup jauh dari lokasi yang terisolasi.

“Untuk seminggu hingga dua minggu ke depan pasti ada masalah-masalah kesehatan yang dibutuhkan mereka. Kita harus jemput bola, tidak bisa mereka dituntut untuk datang ke lokasi, sangat jauh,” tegas Afik.

Langkah proaktif Muhammadiyah dalam membuka layanan kesehatan darurat ini diharapkan dapat memberikan bantuan dan perawatan yang diperlukan bagi para korban gempa yang membutuhkan perhatian medis di daerah terisolir ini.

Lazismu saat ini sedang melakukan penggalangan dana di berbagai tingkatan, termasuk pusat, wilayah, daerah, dan kantor layanan. Masyarakat diharapkan dapat terus berpartisipasi dengan menyumbangkan bantuan melalui Lazismu sebagai bentuk dukungan kepada para korban gempa di Maroko.

Dengan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan upaya penanganan pasca-gempa ini dapat berjalan lebih efektif dan membantu warga Maroko yang membutuhkan.

Bantuan untuk para penyintas gempa Maroko dapat disalurkan melalui tautan https://lazismu.org/gempamaroko yang ada di web Lazismu. (*/is)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini