Ketika Banyak Pikiran, Ingatlah Allah Bersamamu
foto: shutterstock

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“When your heart is restless, restless and filled with despair, remember that it is only Allah who we complain to.”

(Ketika hati sedang resah, gelisah dan dipenuhi dengan keputusasaan, ingatlah bahwa hanya kepada Allah tempat kita mengadu)

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita dihadapkan dengan banyaknya pikiran yang membuat kita stres, cemas, dan khawatir.

Namun, dengan mengingat Allah SWT, kita akan merasa tenang dan nyaman.

Allah SWT berfirman:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS.Ar-Ra’d:28)

Allah SWT adalah Pencipta alam semesta dan segala isinya. Allah Swt juga Maha Mengetahui atas segala yang terjadi dalam kehidupan kita.

Ketika kita merasa khawatir dan cemas, ingatlah bahwa Allah SWT selalu bersama kita. Kita harus selalu berserah diri dan memohon pertolongan-Nya dalam menjalani kehidupan.

Mungkin terkadang kita merasa sulit untuk mengendalikan pikiran-pikiran yang meresahkan. Namun, dengan mengingat Allah SWT dan memperbanyak ibadah, kita dapat menenangkan hati dan pikiran.

Dari An Nu’man bin Basyir berkata Nabi Muhammad saw bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari No. 52 dan Muslim No. 1599).

Jadi, ketika pikiran tidak tenang dan hati merasa cemas, jangan lupa selalu untuk mengingat Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini