KSP Bank Difabel Dampingan MPM PP Menerima Anugerah Revolusi Mental 2023
Kelompok KSP Bank Difabel Ngaglik Sleman dampingan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah menerima Anugerah Revolusi Mental 2023

Kelompok KSP Bank Difabel Ngaglik Sleman dampingan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menerima Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua MPM PP Muhammadiyah, M. Nurul Yamin. Sehubungan dengan surat undangan berkop Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, anugerah tersebut akan diserahkan oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

“Alhamdulilah Bank Difabel dapat penghargaan dari Kemenko PMK dan akan menerima penghargaan dari Wapres,” kata Yamin.

Kelompok KSP Bank Difabel Ngaglik Sleman mendapat penghargaan dari Kemenko PMK untuk kategori Pembangunan Inklusif. KSP Bank Difabel merupakan Koperasi Simpan Pinjam yang semua anggota, bahkan sampai pengurusnya adalah mereka yang difabel.

Kuni Fatonah selaku Ketua KSP Bank Difabel mengaku bangga akan anugerah yang didapatkan ini. Menurutnya ini karunia Allah SWT, kemudian juga kerja sama yang baik antar sesama anggota, termasuk pendampingan intensif dari MPM PP Muhammadiyah sejak awal berdiri.

Sejak berdiri pada 20 Juni 2015, KSP Bank Difabel Ngaglik Sleman saat ini anggotanya sudah tersebar di sepuluh Kapanewon/Kecamatan di Sleman, bahkan ada yang berasal dari Kabupaten Bantul. 

Selain KSP Bank Difabel, terdapat juga Pak Mukardi yang mendirikan puluhan sekolah Muhammadiyah di Sumatra Selatan, dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga turut mendapat Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kemenko PMK RI.

Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) merupakan suatu gerakan nasional yang melibatkan seluruh komponen bangsa dengan memperkuat peran nyata penyelenggara negara dan seluruh elemen masyarakat. 

GNRM dimaksudkan untuk membangun kesadaran publik akan pentingnya memperkokoh dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Acara Pemberian Anugerah Revolusi Mental 2023 dilaksanakan pada, Rabu 20 Desember 2023 di Istana Wakil Presiden RI, Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin memberikan anugerah ini secara langsung. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini