Rido Kurnianto Jadi Rektor Baru Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Rido Kurnianto. foto: detikcom
UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) resmi punya rektor baru. Ini setelah Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) SK Nomor 299/KEP/I.0/D/2024.

Dalam SK tersebut, PP Muhammadiyah memutuskan, mengangkat Dr. Rido Kurnianto, M.Ag sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo Masa Jabatan 2024-2028. Keputusan PP Muhammadiyah tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan 31 Juli 2028.

SK PP Muhammadiyah tersebut ditandatangani Dr Muhammad Sayuti MPd Med PhD dan Dr Dr H Agung Danarto MAg, masing-masing sebagai Sekretaris dan Ketua PP Muhammadiyah.

SK PP tersebut menyebutkan bahwa Senat UMPO telah menyampaikan permohonan penetapan Rektor Periode 2024-2028. Berikut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur telah memberikan calon rekomendasi rekomendasi rektor UMPO. Dan, calon yang diusulkan telah memenuhi syarat dan dipandang mampu melaksanakan tugasnya.

Baca  juga: Jabat Rektor Baru UMPO, Ini Profil Rido Kurnianto

Rido Kurnianto Jadi Rektor Baru Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim Prof Biyanto mengaku mendengar kabar tersebut.

“Tapi sampai hari ini PWM belum menerima surat tembusan SK Rektor terpilih UMPO,” jawab Biyanto kepada majelistabligh.id, Ahad (11/8/2024).

Sebelumnya, UMPO telah melakukan pemilihan rektor baru. Ada tiga bakal calon rektor UMPO yang diseleksi melalui berbagai mekanisme sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Prosesi pemilihan sudah berjalan pada Mei 2024. Berdasarkan hasil dari pemilihan Senat Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Rido Kurnianto mendapat 8 suara, Sulton mendapat 7 suara, dan Happy Susanto mendapat 4 suara.

Untuk diketahui, Universitas Muhammadiyah Ponorogo adalah amal usaha Muhammadiyah yang berada di bawah pembinaan Majelis Pendidikan Penelitian dan Pengembangan.

UMPO memiliki Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI); Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Jurusan Kesejahteraan Sosial; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Moral Pancasila (PMP), Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (KN,) dan Jurusan Pendidikan Matematika; Fakultas Ekonomi (FE) Jurusan Manajemen dan Ekonomi Pembangunan; Fakultas Teknik (FT) Jurusan Teknik Mesin. (wh)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini