Cak Nanto Diangkat Menjadi Juru Bicara Kementerian Agama
Sunanto saat menerima SK sebagai Jubir Kementerian Agama RI.
UM Surabaya

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto Periode 2018-2022 resmi diangkat sebagai Staf Ahli dan Juru Bicara Kementerian Agama RI.

Kabar tersebut didapat setelah ramai beredar foto putra asli Madura itu menerima SK dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan flayer ucapan selamat dengan Kop Kementeria Agama bertuliskan “Selamat dan Sukses atas pengangkatan Sunanto sebagai Staf Ahli dan Juru Bicara Menteri Agama.

Cak Nanto, panggilan akrab Sunanto saat dikonfirmasi atas kabar tersebut, membenarkan kabar tersebut dan menyampaikan terima kasih.

“Terima kasih mohon Doa-nya mas,” ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Diketahui, Sunanto adalah salah satu Jubir pasangan Capres Cawapres Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor Urut 03.

Sebelumnya, Ia juga menjabat sebagai salah satu Komisaris BUMN plat merah.

Berikut ini profilnya,

Sunanto atau pria yang akrab dipanggil Cak Nanto ini kelahiran Sumenep, 24 September 1980. Ia dibesarkan di Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Sumenep.

Cak Nanto sudah menjadi kader muda Muhammadiyah di Sumenep saat masih bersekolah di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep tahun 1997. Lulus SMA, ia melanjutkan dengan kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan jurusan Hukum Islam pada tahun 2001.

Saat kuliah namanya semakin dikenal karena memiliki kemampuan berorganisasi yang baik. Terbukti dengan beberapa kali ia menjabat sebagai ketua dalam beroganisasi seperti Ketua Bidang Kader Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Mumahmmadiyah (IMM) Jateng (2004-2006) dan menjadi Ketua Umum DPD IMM Jateng (2004-2009).

Kariernya semakin melesat dengan terpilihnya ia menjadi Ketua Bidang Hikmah Dewan Pimpinan Pusat IMM (2008-2010) setelah Muktamar IMM ke-13 di Bandarlampung.

Tidak hanya itu, Cak Nanto juga menjadi Ketua Bidang Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga PP Pemuda Muhammadiyah dan Wakil Sekretaris Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah.

Selain di Muhammadiyah, namanya juga pernah menjadi Sekretaris DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Tengah (2011-2014) dan saat ini ia menjadi Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

Pada November 2018, Cak Nanto akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022. Ia terpilih setelah penghitungan suara dalam Muktamar di Yogyakarta pada usia 38 tahun. (roissudin)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini