Keajaiban Sujud
foto: imam-us.
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Prostration is beautiful, you whisper to the earth but are heard in the sky.”

(Sujud itu indah, kau berbisik ke bumi tapi didengar di langit)

Sujud bukan sekadar gerakan dalam shalat, tetapi sebuah keajaiban yang menyimpan kekuatan luar biasa bagi mereka yang melakukannya. Ia mampu membangkitkan ruh baru dalam kehidupan seorang hamba.

Orang-orang yang tidak pernah bosan bersujud di hadapan Allah SWT melakukannya dengan keyakinan penuh bahwa ada sejuta keajaiban yang akan dianugerahkan, baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam Islam, sujud memiliki kedudukan istimewa sebagai momen terdekat seorang hamba dengan Rabb-nya. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah: 186:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Ayat ini menegaskan bahwa Allah selalu dekat dengan hamba-Nya, terutama ketika mereka sedang bersujud. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Keadaan seorang hamba paling dekat dengan Rabb-nya adalah ketika ia sedang bersujud, maka perbanyaklah doa saat itu.” (HR. Muslim)

Hadis ini memperkuat posisi sujud sebagai momen istimewa untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rasulullah saw juga mengajarkan pentingnya memperbanyak sujud dalam shalat, yang di antara keutamaannya adalah meninggikan derajat seseorang serta menghapuskan dosa-dosanya. Dalam hadis lain, beliau bersabda:

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah engkau memperbanyak sujud melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR. Muslim)

Dari hadis ini, kita dapat mencatat dua keutamaan penting dari sujud:

1. Meninggikan Derajat

Dengan memperbanyak sujud, Allah SWT akan mengangkat derajat kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Di dunia, Allah dapat memberikan kehidupan yang tenang, rezeki yang luas, atau memenuhi keinginan-keinginan kita.

Sementara di akhirat, hanya Allah yang mengetahui derajat yang akan dianugerahkan kepada kita.

2. Menghapus Dosa

Sebagai manusia, kita tidak terlepas dari dosa, baik yang kita sadari maupun yang tidak.

Dengan memperbanyak sujud, satu dosa akan dihapuskan setiap kali kita bersujud kepada Allah SWT, sebagai bentuk kasih sayang dan ampunan-Nya.

Oleh karena itu, sujudlah sebanyak mungkin kepada Allah SWT. Tidak perlu dihitung, karena sejatinya, Allah menciptakan kita untuk senantiasa beribadah kepada-Nya.

Setiap waktu luang adalah kesempatan untuk bersujud, mendekatkan diri kepada-Nya, dan meraih keutamaan yang besar di dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini