Buku Ajar Musik untuk Anak Usia Dini, Inovasi Dua Dosen Umsida Menjawab Tantangan Pendidikan Daring
foto: moises
UM Surabaya

Dalam dunia pendidikan anak usia dini, musik telah lama dikenal sebagai alat efektif untuk merangsang perkembangan kognitif dan emosional anak. Menyadari pentingnya peran musik, dua dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Evie Destiana SSn MPd dan Rugaya Meis A SPd MPsi, meluncurkan buku ajar Pendidikan Seni Musik Anak Usia Dini.

Buku tersebut dirancang khusus untuk mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) semester 5, membantu mereka dalam memahami dan mengajarkan musik kepada anak usia dini.

Menurut Evie dalam podcast Bu Dosen Umsida Library, buku ini bukan sekadar teori, melainkan panduan praktik yang sangat dibutuhkan mahasiswa PG PAUD.

“Dirancang sebagai solusi untuk perkuliahan daring, buku ini memberikan materi praktis yang bisa dipelajari secara mandiri, menjawab tantangan keterbatasan sesi praktik langsung selama pembelajaran online,” katanya.

Kelebihan utama dari buku ini, sebut Evie, adalah pendekatan praktisnya, dengan petunjuk langkah demi langkah mengenai cara mengajarkan elemen musik seperti melodi, ritme, tempo, dinamika, dan timbre kepada anak usia dini.

Mahasiswa juga diajak memahami jenis musik yang sesuai dengan perkembangan kognitif dan emosional anak-anak. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kamus musik untuk memudahkan mahasiswa yang belum familiar dengan terminologi musik.

Evie menambahkan, buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana musik dapat merangsang kemampuan mendengarkan, mengenali irama, dan membangun empati serta kepedulian anak.

Buku Ajar Musik untuk Anak Usia Dini, Inovasi Dua Dosen Umsida Menjawab Tantangan Pendidikan Daring
Evie Destiana . foto: umsida

“Banyak penelitian membuktikan dampak positif musik terhadap perkembangan kognitif anak,” katanya.

Di Program Studi PG PAUD Umsida, pendidikan musik menjadi bagian penting dalam kurikulum, dengan dua mata kuliah khusus: Pendidikan Musik Anak Usia Dini dan Keterampilan Musik.

Buku ini merupakan bagian dari mata kuliah pertama, sementara Evie sedang menyiapkan buku pendamping untuk mata kuliah Keterampilan Musik, yang akan fokus pada kemampuan mahasiswa menciptakan karya musik orisinal.

“Kami ingin mahasiswa tidak hanya mengubah lirik lagu, tapi juga mampu menciptakan karya yang orisinal,” ungkap Evie.

Evie dan Rugaya menulis buku ini untuk menjawab kebutuhan pembelajaran daring, memberikan mahasiswa akses materi praktik meskipun mereka tidak dapat melakukan praktik langsung di kelas.

Buku ini, yang dapat diakses melalui Umsida Press, menjadi sumber daya penting bagi mahasiswa PG PAUD di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak perbincangan lengkap mereka di channel YouTube Umsida Library. (rani syahda)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini