Cuaca Sejuk Sambut Jutaan Jamaah Umroh di Madinah
Jemaah Umroh asal Jawa Timur usai melakukan salat lail di bawah Kubah Hijau Masjd Nabawi, Ahad (27/10/2024).
UM Surabaya

Cuaca sejuk di kawasan Masjid Madinatul Munawwarah Madinah menyambut kedatangan jutaan jemaah umroh dari berbagai belahan dunia, termasuk jamaah Umroh  Sutra Travel Tour dan Umroh asal Jawa Timur, Ahad (27/10/2024).

Beberapa hari sebelumnya suhu sempat mencapai 38 derajat Celcius, namun belakangan cuaca turun hingga 22 derajat Celcius.

Hal ini memberikan suasana yang lebih nyaman bagi Jemaah melaksanakan rangkaian ibadah. Mereka lebih khusyuk beribadah.

Ustaz M. Roissudin, tour leader jamaah umroh asal Jawa Timur, mengungkapkan rasa syukurnya atas  cuaca yang bersahabat. “Alhamdulillah… sebenarnya sempat 38 derajat, sekarang sejuk ini berkah bagi semua,” ujarnya dengan penuh syukur.

Ia menambahkan, bahwa kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap semangat jamaah, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

“Barokalloh  cuaca sangat mendukung , semua jamaah bersemangat mengikuti rangkaian ibadah umroh,” imbuhnya.

Selain cuaca yang mendukung, jumlah jamaah yang hadir saat ini juga tidak terlalu padat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Ini memberikan lebih banyak kesempatan bagi jamaah untuk melaksanakan salat di dekat Raudhah, tempat yang sangat diidamkan oleh para pengunjung Masjid Nabawi.

“Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya yang cukup padat, kali ini sangat nyaman dan tidak terlalu ramai,” ujar Gus Faiz, mutawif yang sehari-hari tinggal di Madinah.

Muhammad Jalaludin atau Gus Faiz menambahkan  kondisi ini membuat jamaah lebih mudah untuk beribadah dengan khusyuk dan mendalami makna dari setiap ritual.

“Banyak jamaah yang merasa lebih tenang dan bisa lebih fokus dalam salat mereka,” tambahnya.

Dengan suasana yang tenang, jemaah dapat merasakan kehadiran spiritual yang lebih mendalam.

Kondisi cuaca yang bersahabat dan jumlah jamaah yang seimbang tentu menjadi berkah tersendiri bagi semua yang hadir. Jemaah dapat merasakan momen berharga ini dengan lebih leluasa dan mengisi hati mereka dengan kedamaian saat menjalankan ibadah. Harapan agar cuaca ini terus berlangsung menjadi doa bagi semua yang berkunjung ke tempat suci.

Dengan demikian, semoga seluruh jamaah yang hadir di Masjid Madinatul Munawwarah dapat merasakan keberkahan dan kedamaian dalam beribadah, serta kembali ke tanah air dengan penuh kenangan indah dan spiritual yang mendalam. (m roissudin)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini