Tawakal Menghadapi Kesulitan
foto: justsomegoodthoughts.files.wordpress
UM Surabaya

Sikap tawakal merupakan salah satu yang dicontohkan Rasulullah untuk diteladani seluruh umat.

Yaitu sikap berserah diri kepada Allah setelah berusaha semaksimal mungkin atas suatu perkara.

Orang yang tawakal kepada Allah adalah orang yang sangat kuat keyakinannya kepada Allah. Ia rida segala ketetapan Allah sehingga Allah pun mencintainya

“Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.” (QS. Ali Imran:159)

Dan Allah menjanjikan surga kepada semua hamba yang sungguh-sungguh bertawakal kepada-Nya.

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, sungguh, mereka akan Kami tempatkan pada tempat-tempat yang tinggi (di dalam surga), yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya.

Itulah sebaik-baik balasan bagi orang yang berbuat kebajikan, (yaitu) orang-orang yang bersabar dan bertawakal kepada Tuhannya.” (QS.Al Ankabut: 58-59)

Kepada yang sedang kesulitan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengingatkan untuk selalu berdoa dan jangan segan meminta petunjuk dari-Nya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga mengingatkan keberadaan-Nya yang selalu dekat dengan seorang hamba.

“Dan apabila hamba- hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah :186)

Di samping itu untuk penenang hati dan pikiran di atas, membaca zikir sehari -hari juga dapat dilakukan muslim. Salah satunya memperbanyak bacaan istigfar.

“Barang siapa memperbanyak istigfar, niscaya Allah melegakan setiap ini kegundahan mereka, melepaskan kesempitan mereka, dan memberikan rezeki secara tidak diduga-duga.” (HR. Abu Dawud). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini