Keutamaan Mati Syahid dan Golongan yang Termasuk Di Dalamnya
Ilustrasi: myultimatedecision.
UM Surabaya

أَرْوَاحُهُمْ فِي جَوْفِ طَيْرٍ خُضْرٍ، لَهَا قَنَادِيلُ مُعَلَّقَةٌ بِالْعَرْشِ، تَسْرَحُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ شَاءَتْ، ثُمَّ تَأْوِي إِلَى تِلْكَ فَاطَّلَعَ إِلَيْهِمْ رَبُّهُمُ اطِّلَاعَةً»، فَقَالَ: ” هَلْ تَشْتَهُونَ شَيْئًا؟ قَالُوا: أَيَّ شَيْءٍ نَشْتَهِي وَنَحْنُ نَسْرَحُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ شِئْنَا، فَفَعَلَ ذَلِكَ بِهِمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، فَلَمَّا رَأَوْا أَنَّهُمْ لَنْ يُتْرَكُوا مِنْ أَنْ يُسْأَلُوا، قَالُوا: يَا رَبِّ، نُرِيدُ أَنْ تَرُدَّ أَرْوَاحَنَا فِي أَجْسَادِنَا حَتَّى نُقْتَلَ فِي سَبِيلِكَ مَرَّةً أُخْرَى، فَلَمَّا رَأَى أَنْ لَيْسَ لَهُمْ حَاجَةٌ تُرِكُوا “

“Ruh-ruh mereka berada pada tembolok burung yang berwarna hijau yang memiliki sarang yang tergantung pada arsy, terbang di dalam surga ke mana pun dia kehendaki, lalu dia kembali menuju lampu tersebut lalu Tuhan mereka melihat mereka dan berfirman, “Apakah yang kalian inginkan?”

Mereka menjawab, “Apakah ada hal lain yang kami inginkan sementara kami telah dibebaskan terbang ke sana kemari di dalam surga ini ke mana pun kami kehendaki.”

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata kepada mereka tiga kali, lalu pada saat mereka sudah mengetahui bahwa mereka tidak dibiarkan kecuali harus meminta sesuatu.

Mereka berkata, “Wahai Rabb kami, kembalikanlah ruh-ruh kami pada tubuh-tubuh kami sehingga kami terbunuh kembali di jalan-Mu, lalu pada saat Rabb mereka mengetahui bahwa mereka tidak memiliki keperluan apa pun maka mereka pun ditinggalkan.” (HR. Muslim 1887)

Kandungan Hadis:

1. Mati syahid adalah kematian yang disaksikan malaikat, yaitu mati dalam keadaan husnul khatimah (akhir hidup yang baik).

2. Orang yang mati syahid tidak merasakan sakitnya naza. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا يَجِدُ الشَّهِيدُ مِنْ مَسِّ الْقَتْلِ إِلَّا كَمَا يَجِدُ أَحَدُكُمْ مِنْ مَسِّ الْقَرْصَةِ

“Seorang syahid (mati dalam perang fi sabilillah) tidak merasakan sakitnya mati dibunuh kecuali sebagaimana salah seorang dari kalian merasakan sakitnya digigit semut.” (HR. At-Tirmizi 1668)

3. Orang yang mati syahid mengharap kembali ke dunia untuk syahid kesekian kalinya, karena betapa utama pahala seorang muslim yang mati syahid. Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa bersabda:

مَا أَحَدٌ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يُحِبُّ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا وَلَهُ مَا عَلَى الْأَرْضِ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا الشَّهِيدُ يَتَمَنَّى أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا فَيُقْتَلَ عَشْرَ مَرَّاتٍ لِمَا يَرَى مِنْ الْكَرَامَةِ

“Tidak seorang pun yang masuk surga namun dia suka untuk kembali ke dunia padahal dia hanya mempunyai sedikit harta di dunia, kecuali orang yang mati syahid.

Dia berangan-angan untuk kembali ke dunia kemudian menegakkan agama Allah, lalu terbunuh hingga sepuluh kali karena dia melihat keistimewaan dan kemuliaan (mati syahid).”(HR. Bukhari 2817 dan Muslim 1877)

4. Mati dalam keadaan menegakkan agama Allah, menjadi sarana penghapusan kesalahan dan dosa. Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiallahu anhuma bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الْقَتْلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُكَفِّرُ كُلَّ شَيْءٍ إِلَّا الدَّيْنَ

“Yang terbunuh di jalan Allah (syahid) akan dihapuskan semua dosanya kecuali utang.” (HR. Muslim 1886)

Firman Allah Subhanahu wata’ala yang berkaitan dengan tema hadis tersebut adalah:

وَلَا تَحۡسَبَنَّ ٱلَّذِينَ قُتِلُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ أَمۡوَٰتَۢاۚ بَلۡ أَحۡيَآءٌ عِندَ رَبِّهِمۡ يُرۡزَقُونَ

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Rabb mereka mendapat rezeki.” (QS. Ali Imran: 169)

Orang yang termasuk golongan mati syahid:

1. Al Mabthun, orang yang meninggal karena penyakit di perutnya
2. Al Ghariq (orang yang mati tenggelam)
3. Al Hariq (orang yang mati terbakar)
4. Orang yang sakit dzatul janbi (semacam penyakit paru-paru)
5. Wanita yang meninggal ketika nifas
6. Al Gharib, orang yang meninggal jauh di luar daerah tempatnya tinggal sehingga ia asing di sana. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini